Bolehkah Interview Online Menggunakan Virtual Background ?



BOLEHKAH INTERVIEW ONLINE MENGGUNAKAN VIRTUAL BACKGROUND ?


FORDIASI | DUNIA KERJA - Disituasi pandemic seperti saat ini, mau tidak mau proses wawancara harus dilakukan secara virtual. Tentu hal tersebut dilakukan demi menerapkan sosial dan physical distancing.


Aplikasi yang biasa digunakan oleh para interviewer ketika melakukan proses wawancara seperti Zoom, Whatsapp Video dan aplikasi sejenisnya.


Namun apakah boleh jika interviewee menggunakan Virtual Background untuk menampilkan background yang berbeda ?


Mr. Nanang Hernanto selaku Associate Trainer & Volunteer melaluit platform linkedin memberikan pendapatnya, 

$ads={1}


Selengkapnya yuk disimak ulasannya di bawah ini sobat profesi :


VIRTUAL BACKGROUND

Pak boleh nggak kita pakai virtual background ketika interview online?

Jawaban saya ... ya boleh-boleh saja.

Teknologi video call pada platform tertentu, memungkinkan kita untuk memasang virtual background sebagai latar belakang layar kita. Agar kita tampak lebih menarik.

Namun menurut saya perhatikan tiga hal ini:

1. Background riil Anda harus full polos. Jika ada obyek lain selain wajah Anda, seperti rak buku dan sebagainya, maka virtual backgroundnya kemungkinan akan terganggu karena ada gambar chromatis nya.

2. Pemilihan gambar virtual background juga sedapat mungkin disesuaikan dengan situasi. Jangan sampai memilih gambar pantai, liburan, pesta ulang tahun, dan sebagainya. (Kecuali Anda melamar ke Industri kreatif)

3. Jangan memilih virtual background yang ada gambar foto orang lain. Gambar seseorang sedang bekerja, meeting, briefing dan sebagainya.

Karena gambar yang terlalu "crowded" atau "berisik" itu, (meskipun gambarnya formal) akan mengganggu wajah Anda.

Background biarlah tetap menjadi background. "A GROUND AT THE BACK". Jangan sampai background malah men"distract" wajah Anda sendiri.

 

Nahh bagaimana nih sob? setujukah pendapatmu dengan Mr. Nanang? Yuk coba sharingnya di kolom komentar pada artikel ini yah


Semoga artikel ini bermanfaat


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close