Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik dan Benar di Perusahaan


TIPS MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK DAN BENAR DI PERUSAHAAN

FORDIASI - Pemimpin disebuah organisasi perusahaan memiliki peran penting dalam mesukseskan visi misi perusahaan.

Banyak dari para pemimpin perusahaan yang berasumsi bahwa " Seorang pemimpin adalah mereka yang dapat mengatur, mengarahkan dan memerintah anak buahnya ".

Padahal persepsi tersebut salah 100%. Banyak yang merasa telah memimpin namun sesungguhnya mereka gagal dalam memimpin.

Kesuksesan dalam memimpin itu bukan pada tercapainya target perusahaan yang diberikan padamu. Namun bagaimana kamu memberikan pengaruh untuk tim mu.

Yah... betul... PENGARUH!!!

Terkadang ketika kita memimpin, kita tidak paham bagaimana cara memimpin anggota tim kita, yang kita tahu secara general adalah pemimpin harus memiliki sifat yang tegas, cepat mengambil keputusan dan harus menunjukkan kewibawaan kita sebagai seorang pemimpin.

Jika menurutmu demikian, betul.. tidak ada yang salah. Namun itu betul dan benar bagimu tapi belum tentu sependapat dengan anggota tim mu.

Banyak pemimpin yang bersikap demikian, lalu banyak anak buah resign karenanya. Seperti ketika anak buahnya melakukan kesalahan, diomeli, dicaci maki bahkan anggota yang bersalah tersebut tidak diberikan kesempatan untuk menjelaskan/pun memberikan klarifikasi.

Banyak pemimpin yang sok mengatur, menyuruh dan memerintah ke sana ke sini layaknya seorang BOS. Padahal pemimpin pada level Manager tidak berhak untuk memberikan perintah dan menyuruh seenaknya, apalagi hingga menunjuk-nunjuk dengan bergaya layaknya bos.

Lalu bagaimana sih menjadi sesosok pemimpin yang baik dan benar ?

Berikut tips yang perlu kamu ikuti ketika kamu menjadi seorang pemimpin di perusahaan :

1. Jadilah pemimpin yang bersikap lembut namun tegas dalam mengambil keputusan
2. Jadilah pemimpin yang siap mendengar, bukan yang mau didengarkan saja
3. Jadilah pemimpin yang murah senyum, bersahabat dengan siapapun itu ( tidak memandang level jabatannya )
4. Jadilah pemimpin yang dapat membuat suasana selalu menjadi sejuk dan nyaman
5. Jadilah pemimpin yang dapat open minded, tidak kaku dan baku terhadap permasalahan yang kamu hadapi. Berikan suara kepada tim mu untuk berpendapat dan ambilah " jawaban " menurut yang terbaik dari tim mu, lalu realisasikan keputusanmu
7. Jadilah pemimpin yang memiliki integritas yang baik dan terakhir
8. Jadilah pemimpin layaknya guru mendidik muridnya, layaknya teman yang mendengar curhatan sahabatnya dan layaknya ibu menyayangi anaknya.

Sesungguhnya, kepemimpinan itu adalah " orang yang dapat memberikan pengaruh " yang baik kepada orang sekelilingmu. Jadilah seseorang yang memberikan pengaruh yang baik, jika banyak yang mengikuti langkahmu dan termotivasi karenamu, maka kamu layak disebut sebagai PEMIMPIN.

Semoga tips ini bermanfaat,

- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close