Tips-tips Untuk Fresh Graduate Dan Yang Berpengalaman Sebelum Melamar Kerja


TIPS-TIPS UNTUK FRESH GRADUATE DAN YANG BERPENGALAMAN SEBELUM MELAMAR KERJA

FORDIASI – Banyak tips-tips yang bertebaran di Internet dalam mencari kerja, namun tips yang akan kami sajikan berbeda dengan Tips-tips pada umumnya. Tips yang kami berikan berdasarkan pengalaman si penulis serta kondisi dunia kerja saat ini yang dijadikan rujukan untuk pembahasan pada judul artikel ini.

Banyak para jobseeker mengeluh akan sulitnya mendapatkan pekerjaan. Buktinya, banyak forum-forum lowongan kerja di media sosial seperti facebook, Instagram, Twitter dll dipenuhi berbagai keluhan para jobseeker. 

Keluhan ini bukan hanya dirasakan oleh kalangan fresh graduate saja, namun dirasakan juga oleh jobseeker yang berpengalaman.

Biasanya, jobseeker yang notabene masih “ fresh graduate “ atau yang disebut “ belum memiliki pengalaman “ terlalu menganggap enteng ketika mencari pekerjaan. Ketika mereka mencoba apply lamaran ke sana ke mari, akhirnya tidak membuahi hasil yang memuaskan.

Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mencari kerja. Hal-hal ini tentu untuk pemantasan serta pematangan diri sebelum melamar pekerjaan.

Berikut beberapa tips-tips yang perlu dilakukan sebelum melamar pekerjaan :

1. BANYAK BACA REFERENSI DAN GALI PENGETAHUAN 

Banyak dari para freshgraduate yang menganggap bahwa skill dan kompetensi yang dimiliki dianggap telah mumpuni. Padahal, hal tersebut belum diuji secara praktek di dunia kerja, akhirnya rasa pede yang terlalu berlebihan menjadikan tamparan yang menohok untuk dirinya karena terjadi “ banyaknya penolakan “ lamaran yang dikirimkannya. 

Sebelum melamar pekerjaan, banyak-banyaklah membaca referensi untuk meningkatkan pengetahuan serta hard skill pada “ proses praktekknya “. Karena teori akademis yang diajarkan di sekolah maupun perkuliahan biasanya tidak sama seperti “ praktek kerja nyatanya “


2. PERHATIKAN DALAM MEMBUAT CV

CV atau Curriculum Vitae adalah sebuat surat lamaran elektronoik yang perlu dilampirkan ketika melamar pekerjaan. Biasanya template CV dibuat menyesuaikan design perkembangan zaman. Saat ini CV bermodel one page banyak dipakai oleh para pelamar kerja.

Perlu diperhatikan, bahwa CV semacam ini sebenarnya tidak referensikan. Karena informasi yang tertera pada CV semacam ini tidak menunjukkan deskripsi si pelamar secara lengkap. Oleh sebab itu, buatlah CV minimal 2 lembar dan berikan penjelasan yang lengkap tentang dirimu didalamnya.


3. PELAJARI CARA MENJAWAB SOAL PSIKOTES

Psikotes merupakan salah satu syarat penentuan sebelum melangkah ke tahap wawancara dengan pihak interviewer dan user. Oleh sebab itu, penting bagi para jobseeker untuk mempelajari cara menjawab soal-soal psikotes yang diberikan oleh pihak recruitment.

Biasanya Soal-soal psikotes bervariatif. Seperti dari materi pelajaran matematika, logical test, bahasa Indonesia, bahasa inggris dll.

Cara menjawab soal-soal tersebut pun cukup bervariatif, biasanya setiap perusahaan memiliki jenis soal yang sama namun dengan logical test yang berbeda, oleh sebab itu penting bagi para jobseeker untuk mempelajarinya.

Google dan Youtube merupakan sarana yang tepat untuk mempelajari soal-soal psikotest tersebut, oleh sebab itu jangan lupa.. sebelum anda melamar pekerjaan, cobalah mencari informasi mengenai trik dan tips untuk menjawab soal-soal psikotes tersebut.


4. MEMPELAJARI CARA MENJAWAB KETIKA PROSES WAWANCARA

Calon kandidat yang telah lolos pada tahap psikotes akan masuk ke tahap final yaitu wawancara dengan pihak recruiter dan user. Ditahap ini banyak orang yang menganggap remeh-temeh, karena hanya cukup menjawab pertanyaan yang diberikan saja.

Padahal pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pihak recruiter dan user biasanya berisi jebakan, pengetesan dan juga “ analisis pemikiran (mindset), tingkah laku, sikap dan kepribadian dirimu “. Nah… pada step ini banyak yang gugur karena menjawab dengan jawaban apa adanya.

Dari tata cara kita menatap wajah recruiter dan user, cara berbicara, gerak mata, gerak tubuh dll itu semua ada cara untuk megimplementasikannya. Oleh sebab itu, sebelum kita masuk ke tahap ini. Pelajarilah bagaimana cara menghadapi dan mengatasinya.


5. BERDO’A DAN BERIKHTIAR

Berdo’a adalah sebuah ikhtiar yang perlu dilakukan agar segala bentuk effort ( usaha ) kita berjalan dengan lancar.

Itu saja tips-tips yang dapat kami berikan, Semoga apa yang dijelas pada artikel ini bermanfaat untuk sobat profesi semuanya. Berikanlah usaha yang maksimal, jangan lupa berdo’a dan banyak-banyaklah memperbanyak koneksi pertemanan.

Semoga sobat profesi bisa segera dapat pekerjaan yah!

Tetap Optimis dan berikan yang terbaik!

Ditulis Oleh : Hendra Setiawan | Founder Fordiasi 

- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama