Bentuk Lembaga Keuangan ( Manajemen Keuangan )


BENTUK LEMBAGA KEUANGAN ( MANAJEMEN KEUANGAN )

FORDIASI - Secara garis besar bentuk lembaga keuangan terbagi dua yaitu lembaga deposito dan lembaga non deposito.

Lembaga deposito yang paling umum adalah bank. Bank memperoleh pinjaman dalam bentuk tabungan dan deposito lalu menyalurkannya dalam bentuk pinjaman ke masyarakat. Bank membayar bunga kepada penabung dan deposan serta mengenakan bunga kepada peminjam. Selisih antara bunga yang dibayarkan dengan bunga yang diterima merupakan keuntungan bank. Bagi bank syariah yang tidak menerapkan sistem bunga, keuntungan didapatkan melalui perjanjian bagi hasil antara masyarakat dan bank syariah terrsebut.

Asuransi merupakan contoh lembaga non deposito yang paling umum. Lembaga asuransi menjamin masyarakat atas kejadian yang dilindungi menurut perjanjian dengan lembaga asuransi tersebut. Secara garis besar hal yang dilindungi tersebut dapat berupa kematian ( asuransi jiwa ) atau asuransi kerugian atas sebuah aset. Asuransi memperoleh keuntungan melalui penginvestasian dana premi yang dibayarkan oleh peserta asuransi.

Dana Pensiun merupakan lembaga non deposito yang mendapatkan pendanaan dari masyarakat selaku peserta dana pensiun. Peserta akan mendapatkan dana ditambah hasil sesuai perjanjian di masa depan yang umumnya jangka panjang. Dana pensiun mendapatkan keuntungan dari pengelolaan investasi atas dana-dana peserta dana pensiun tersebut.

Lembaga non deposito lainnya adalah reksadana dan sekuritas. Kedua lembaga tersebut mengumpulkan dana dari investor lalu dengan persetujuan investor melakukan investasi dalam pasar keuangan. Kedua lembaga ini mendapatkan keuntungan melalui jasa komisi atas transaksi yang dilakukan oleh investor.

Sumber : Buku Manajemen Keuangan karya Prof.Dr.Hamidah,S.E,M.Si.

- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama