IPK Tinggi Tidak Menjamin Kesuksesan Dalam Berkarir


IPK TINGGI TIDAK MENJAMIN KESUKSESAN DALAM BERKARIR

FORDIASI - Mendapatkan IPK dengan grade " Cum Laude " merupakan sebuah impian yang diidam-idamkan oleh para Mahasiswa/i yang menempuh jalur pendidikan di perguruan tinggi.

Namun tahukah kamu? bahwa IPK tinggi bukan berarti anda memiliki peluang lebih tinggi ketika melamar pekerjaan. Bahkan IPK hanya dijadikan sebagai syarat minimal " nilai " saja seperti persyaratan umum lainnya,  bukan berarti anda lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Perusahaan tahu, bahwa nilai yang tinggi tidak menjamin si mahasiswa memiliki soft skill dan hard skill yang baik pada posisi yang dilamarnya.

Oleh sebab itu  Riffa Sancati selaku Founder and CEO The Lens Stroy membagikan sebuah tulisannya pada laman linkedinnya, yuk disimak pada tulisan dibawah ini :

Kenapa IPK tinggi tidak menjamin kesuksesan dalam berkarier? Karena soft skills tidak diperhitungkan dalam IPK sedangkan soft skills memegang peranan penting dalam dunia kerja.

Soft skills yang seperti apa? Di antaranya komunikasi, kepemimpinan, teamworking, sampai kemampuan untuk mengatasi tekanan dan konflik dengan baik.

Tapi bukan berarti IPK itu tidak penting lho ya. Saya merasakan sendiri betapa punya IPK tinggi sangat mempermudah saya mendapatkan first job. IPK tetap berguna untuk mendapatkan pekerjaan dan setelah itu baru soft skills lah yang lebih banyak berbicara.

Lalu bagaimana jika IPK sudah terlanjur jelek? Saran saya jangan dulu bersikap picky. Selama perusahaan yang menerima Anda dapat memberikan peluang untuk belajar, ambil saja dulu. Bekerja dengan baik, tingkatkan kompetensi dan jadilah ahli dalam profesi dan bidang usaha yang Anda geluti. Bekal pengalaman itulah yang bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di kemudian hari.

Kemudian jangan lupa: IPK tinggi atau rendah tetap harus terus belajar meski sudah sibuk bekerja. Perkembangan jaman sudah sangat cepat, ilmu yang pernah kita pelajari bisa saja sudah usang dan tidak terpakai lagi. Jangan sampai terlena dengan IPK tinggi hingga lupa untuk terus mencetak prestasi.

Semoga tulisan mba Riffa ini bermanfaat yah bagi teman-teman semuanya

Terima Kasih

- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close