Tanggung Jawab Sosial Perusahaan ( Corporate Social Responsibility )

 


TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN ( CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY )

FORDIASI - Tanggung Jawab Sosial perusahaan ( CSR = Corporate Social Responsibility ) adalah konsep di mana perusahaan harus bertanggung jawab secara aktif terhadap kesejahteraan sosial pada umumnya. Kegiatan tanggung jawab sosial ini meliputi tanggung jawab untuk memberikan lingkungan kerja yang baik untuk karyawan, pemberian gaji karyawan yang memadai, perlindungan terhadap konsumen pengolahan dan pembuangan limbah yang sudah tidak lagi berbahaya bagi lingkungan, dan atau dukungan terhadap dunia pendidikan maupun kesehatan masyarakat.

Kegiatan tanggung jawab sosial ini membutuhkan biaya. Tidak semua perusahaan secara sukarela melakukan kegiatan tanggung jawab sosial tersebut. Pemerintah dapat memaksa perusahaan untuk melakukan melalui peraturan-peraturan pemerintah. Peraturan tentang batas upah minimum peraturan tentang pemberdayaan orang cacat, dan peraturan AMDAL merupakan beberapa contoh peraturan yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia.

Saat ini kegiatan tanggung jawab sosial makin tidak terpisahkan dengan dunia bisnis. Banyak perusahaan semakin terlibat dalam kegiatan tanggung jawab sosial karena hal ini dapat memberikan persepsi yang baik terhadap konsumen. Akibatnya penjualan diharapkan dapat meningkat. Salah satu contoh nyata kegiatan ini adalah penggunaan kertas pembungkus makanan menggantikan styrofom yang digunakan oleh McDonald. Demikian juga kegiatan pemberian beasiswa oleh Sampoerna terhadap mahasiswa Indonesia yang berbakat. 

Sumber : Buku Manajemen Keuangan karya Prof.Dr.Hamidah,S.E,M.Si.

- Fordiasi, Forum Media Informasi -
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama