Tanggung Jawab Staf Bagian Keuangan


TANGGUNG JAWAB STAF BAGIAN KEUANGAN

FORDIASI - Tugas staff bagian keuangan adalah mengelola dan mengoperasikan segala sumber daya perusahaan untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Secara spesifik tugas-tugas tersebut adalah :

1. Peramalan dan perencanaan : Staf bagian keuangan bersama-sama dengan bagian lain melakukan perencanaan operasi perusahaan di masa mendatang.

2. Keputusan investasi dan pendanaan : Perusahaan yang sukses memiliki pertumbuhan penjualan yang tinggi, sehingga dibutuhkan investasi untuk kapasitas seperti mesin produksi, peralatan dan persediaan. Staf bagian keuangan bertugas untuk melakukan pengelolaan juga sekaligus menentukan sumber pendanaan terhadap aset investasi tersebut.

3. Koordinasi dan kontrol : Staf bagian keuangan bekerja sama dengan bagian lain ikut menjaga agar perusahaan beroperasi se-efisien mungin

4. Bertransaksi dalam pasar keuangan : Staf keuangan melalukan keputusan pendanaan dan investasi dalam pasar keuangan yaitu pasar uang dan pasar modal.

5. Manajemen risiko : Setiap bisnis memiliki risiko, Risiko tersebut dapat berupa bencana alam seperti gempa bumi, juga fluktuasi harga komoditi, nilai tukar mata uang asing, dan suku bunga, Staf bagian keuangan bertanggung jawab mengindentifikasi potensi risiko tersebut lalu melakukan kontrol agar perusahaan berjalan dengan efisien

Sumber : Buku Manajemen Keuangan karya Prof.Dr.Hamidah,S.E,M.Si.

- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close