Mempelajari Ilmu Agama dan Menyebarkannya

MEMPELAJARI ILMU AGAMA DAN MENYEBARKANNYA


FORDIASI - Mempelajari ilmu agama merupakan kewajiban setiap muslim. tentu, pelajaran yang dipetik tersebut berguna untuk dirinya, agar ia paham bagaimana menjalankan agama ini dengan sempurna.


Ilmu yang didapatkan bukan untuk dipahami dan diamalkan diri sendiri, namun kamu memiliki kewajiban untuk menyebarkan kembali, atau menginformasi apa yang telah kamu dapatkan kepada orang lain, agar ilmu tersebut menjadi barokah dan manfaat. Berikut beberapa hadits-hadits yang menjelaskan tentang " Mempelajari Ilmu Agama Dan Menyebarkannya "


Dari Sahabat Abu Umamah Al-Bahili رضي الله عنـه, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, "Sesungguhnya اَللّهُ, para Malaikat-Nya, penghuni langit dan bumi, bahkan semut di lubangnya dan juga ikan, mendo'akan kebaikan atas seorang pengajar" (HR. At-Tirmidzi)


Baca Juga :

Lirik teks lengkap Qasidah Ya Rasulullah Salamun 'alaik


Dari Sahabat Abu Hurairah رضي الله عنـه, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, "Sedekah yg paling utama adalah apabila seorang muslim mempelajari ilmu kemudian mengajarkannya kepada saudaranya sesama muslim". (HR. Ibnu Majah)


Dari Sahabat Anas bin Malik رضي الله عنـه, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم juga bersabda, "Yg paling pemurah di antara kalian setelah aku adalah seseorang yg mengetahui ilmu lalu menyebarkannya, ia akan dibangkitkan pada hari Kiamat seperti satu umat". (HR. Baihaqi dan Abu Ya'la)


Sayyidinal Imam Hasan Al-Bashri رضي الله عنـه mengatakan, "Aku lebih mencintai mempelajari satu bab ilmu lalu mengajarkannya kepada seorang muslim, daripada memiliki dunia seluruhnya di jalan اَللّهُ"


Terdapat pula keterangan yg menyebutkan bahwa اَللّهُ memberikan wahyu kepada Nabi Musa AS, "Pelajarilah kebaikan dan ajarkanlah kepada manusia, karena sesungguhnya AKU memberikan cahaya kepada orang yg mengajarkan ilmu dan orang yg mempelajarinya, di kubur mereka, sehingga tidak merasa kesepian di tempat mereka"


مـاشــاءاللـــــه لاقـــــوةالابااللــــــــه 


("Al-Manhaj As-Sawiy, Syarh Ushul Thariqah As-Sadah Al Ba 'Alawi", Sayyidinal Imam Al-'Allamah Sayyid Zain bin Ibrahim Bin Sumaith)


- Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama