Kemana Larinya Uang Komite Sekolah ?

KEMANA LARINYA UANG KOMITE SEKOLAH ?

Adakah diantara kalian yang mempertanyakan apa fungsi dari uang komite? Dalam sekolah saya diharuskan membayar uang komite senilai 400 k ditambah uang magang 700 k

Adakah diantra kalian yang mempertanyakan kemana larinya uang komite tersebut? Coba kalian bayangkan satu siswa disuruh bayar 400. Dalam satu kelas terdapat 20 siswa jadi totalnya 8 juta. Dan tambahkan lagi dengan total kelas lainnya. anggap saja kelas 12 terdapat 10 kelas dengan jumlah murid yang serupa dan coba kalian satukan hasilnya.

Jadi total hasil yang didapatkan oleh sekolah senilai 80 juta. Woww uang yang fantastis.

Coba kalian tanyakan ke guru kalian apa fungsi dari uang komite tersebut. Pasti mereka akan berdalih uang itu akan dipakai untuk membayar gaji guru honorer. Sungguh tidak masuk akal menggaji guru honorer sepadan dengan nilai yang serupa. Kalaupun menggaji guru honorer, lantas mengapa guru honorer masih kekurangan pendapat, sedangkan uang dari murid sudah terkumpul berpuluh-puluh juta banyaknya! Ada juga yang berdalih untuk pembangunan fasilitas sekolah. Padahal sudah jelas pembangunan fasilitas bukanlah ditanggung dari siswa melainkan ditanggung pemerintah. 

Sudah saatnya bagi kita untuk berpikir kritis dalam menangani ini. Kalau bisa, pelajar berkumpul dan kompak menanganinya. Bersama untuk kebaikkan bangsa. Lebih baik kita menjadi pribadi yang kurang ajar, ketimbang menjadi pribadi yang hilang akal. Jangan di pasrahkan. Setan akan betah dengan manusia yang sesat. Apa guna Tuhan menganugerahkan kita sebuah suara jikalau suara itu tidak kita pakai sebijak-bijaknya!

Tidak seluruhnya siswa itu berasal dari keluarga yang mampu. Sekolah harus terang-terangan dalam menangani administrasi keuangan. Entah benar atau pun salah. Kalaupun yang dilakukan pihak sekolah adalah hal yang benar, lantas dimana kebenaran itu? Sudah lama saya cari kebenarannya tapi tidak ketemu jua. Bahkan sudah saya cari dari selokan hingga toilet sekolah. Isinya hanya omong kosong.

Bangkai akan tercium bau busuknya jikalau disimpan sedari dulu. Sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh jua. Tidak akan ada keburukan yang bertahan lama. 

Sekian

*************

Jeff H. Malayu

07-12-2020

Sungai Penuh, Kerinci, Jambi

- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama