Mensos Juliari Batubara Menilep Rp. 33 Ribu Per Paket Bansos

MENSOS JULIARI BATUBARA MENILEP RP. 33 RIBU PER PAKET BANSOS

FORDIASI - Semenjak kasus dari mantan Mensos Juliari Batubara di usut. Ternyata korupsi yang dilakukan bukan Rp. 10.000 per paket bansos, namun Rp. 33.000 per paket bansos yang ditilep olehnya.

Ini dinyatakan oleh Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ( MAKI),  Setelah Boyamin Saiman membuat hitung-hitungan. 

Boyamin mengaku bahwa ia telah membuat hitung-hitungan terkait dana bansos yang dikorupsi oleh eks menteri sosial tersebut.

" Kalau berapa kira-kira gambarannya per paket yang dikorup, dugaannya dari hitung-hitunganku adalah Rp. 28.000 ditambah Rp. 5.000 adalah Rp. 33.000 " kata Boyamin dalam keteranganya, Jum'at (11/12/2020)

Boyamin mengaku bahwa dirinya sudah melakukan survei terkait harga paket bansos yang beredar di pasaran. Dia kemudian menjabarkan secara rinci soal kemungkinan pengeluaran untuk bansos yang dibagikan kepada masyarakat Indonesiia.

" Jadi anggarankan Rp. 300.000, terus dipotong Rp. 15.000 untuk transport, Rp. 15.000 untuk tas goody bag. Jadi seakan-akan pemborong mendapatkan Rp. 270.000. Kalau berdasarkan barang yang ada di lapangan yang diterima masyarakat senilai Rp. 188.000. Jadi artinya dugaan yang dikorupsi adalah Rp. 82.000 " Ujar Boyamin.

Sebelumnya, Menteri Sosial Juliari Batubara diduga telah menerima suap sebesar Rp. 17 Millyar dari pengadaan bantuan sosial (bansos) untuk dibagikan kepada warga indonesia yang terdampak Covid-19.

KPK juga menetapkan empat tersangka lainnya terkait kasus bansos tersebut. Mereka adalah MJS ( Matheus Joko Santoso ), AW ( Adi Wahyono )  dan sebagai pemberi AIM ( Ardian IM ) dan HS ( Harry Sidabuke).

Editor : Hendra Setiawan

- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama