Pengertian Arus Kas Bersih Manajemen Keuangan


PENGERTIAN ARUS KAS BERSIH MANAJEMEN KEUANGAN


FORDIASI - Arus Kas Bersih adalah arus kas aktual yang berlawanan dengan laba bersih akutansi, yang dihasilkan perusahaan selama periode tertentu. Suatu arus kas bersih bisnis umumnya berbeda dari laba akutansi ( accounting profit ), karena beberapa pendapatan dan pengeluaran yang tercantum di dalam laporan laba rugi tidak dibayarkan secara tunai selama tahun berjalan. Contoh utama dari pembebanan nonkas adalah depresiasi dan amortisasi. Pos-pos ini mengurangi laba bersih tetapi tidak dibayarkan secara tunai, sehingga kita menambahkannya kembali kepada laba bersih ketika menghitung arus kas bersih. Perbedaan antara arus kas bersih dan laba bersih dapat dinyatakan sebagai berikut :


Arus kas bersih = Laba bersih - Pendapatan Nonkas + Beban Nonkas


Contoh yang lain dari beban nonkas adalah pajak tangguhan. Dalam beberapa kasus, perusahaan diperkenankan untuk menangguhkan pembayaran pajak sampai suatu tanggal ke depan meskipun pembayaran pajak tersebut dilaporkan sebagai pengeluaran dalam laporan laba rugi. Oleh karena itu, pembayaran pajak tersebut dilaporkan sebagai pengeluaran dalam laporan laba rugi. Oleh karena itu, pembayaran pajak tangguhan akan ditambahkan pada laba bersih ketika menghitung arus kas bersih. Pada waktu yang sama, beberapa pendapatan mungkin tidak dapat ditagih dalam bentuk tunai selama tahun berjalan, dan pos-pos ini harus dikurangkan dari laba bersih ketika menghitung arus kas.

$ads={1}

Umumnya, depresiasi dan amortisasi sering kali adalah pon nonkas terbesar, dan dikebanyakan kasus pos-pos nonkas yang lain relatif kecil dan saling meniadakan sehingga jumlahnya nol. Namun jika pos nonkas lain jumlahnya cukup besar maka harus diperhitungkan dalam arus kas. untuk alasan ini, kebanyakan analis berasumsi bahwa arus kas bersih adalah sama dengan laba bersih plus depresiasi dan amortisasi :


Arus kas bersih = Laba bersih + Depresiasi dan Amortisasi


Sumber : Buku Manajemen Keuangan karya Prof.Dr.Hamidah,S.E,M.Si.


Semoga bermanfaat


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close