Pengertian Ball Valve, Spesifikasi, Fungsi Serta Jenis-jenisnya


PENGERTIAN BALL VALVE, SPESIFIKASI, FUNGSI SERTA JENIS-JENISNYA


FORDIASI - Ball Valve adalah sebuah Valve atau katup dengan pengontrol aliran berbentuk disc bulat (seperti bola/ belahan). Bola itu memiliki lubang, yang berada di tengah sehingga ketika lubang tersebut segaris lurus atau sejalan dengan kedua ujung Valve / katup, maka aliran akan terjadi. Tetapi ketika katup tertutup, posisi lubang berada tegak lurus terhadap ujung katup, maka aliran akan terhalang atau tertutup. 


Ball valve banyak digunakan karena kemudahannya dalam perbaikan dan kemampuan untuk menahan tekanan dan suhu tinggi. Tergantung dari material apa mereka terbuat, Bal Valve dapat menahan tekanan hingga 10.000 Psi dan dengan temperature sekitar 200 derajat Celcius.


Ball Valve digunakan secara luas dalam aplikasi industri karena mereka sangat serbaguna, dapat menahan tekanan hingga 1000 barr dan suhu hingga 482 ° F (250 ° C). Ukurannya biasanya berkisar 0,2- 11,81 inci (0,5 cm sampai 30 cm).

$ads={1}

Ada 2 tipe Ball Valve yaitu :


a. Full bore ball valve


Full bore ball valve adalah tipe ball valve dengan diameter lubang bolanya sama dengan diameter pipa. Jenis full bore ball valves biasanya digunakan pada blow down, piggable line, production manifold, pipeline dll.


b. Reduced bore ball valves


Reduced bore ball valves adalah jenis ball valve yang diameter lubang bolanya tidak seukuran dengan ukuran pipa. Minimum diameter bola katup yang berkurang adalah satu ukuran lebih rendah dari ukuran diameter pipa sebenarnya. Misalnya ukuran diameter pipa 4 inci dan diameter bola valve adalah 3 inchi.

$ads={2}


Body :

Cast Steel, WCB, SUS316/304, Forged Steel, Brass, Bronze

Connection :

JIS 10K, PN 16, PN 40, ANSI 150, ANSI 300, NPT, BSPT

Size :

1/2 “ - 12”

Fungsi Ball Valve:


• Flow control/pengendalian Aliran
• Pressure control/pengendali tekanan
• Shut off
• Cocok untuk high pressure dan temperatures/tekanan dan suhu yang tinggi


Source : www.arita.co.id ( Perusahaan Manufaktur Valve satu-satunya di Indonesia yang telah Go Publik )


Semoga Informasi ini bermanfaat


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama