Pengertian Gate Valve, Spesifikasi, Fungsi serta Jenis-jenisnya


PENGERTIAN GATE VALVE, SPESIFIKASI, FUNGSI SERTA JENIS-JENISNYA


FORDIASI | INFORMASI - Gate valve adalah jenis katup yang digunakan untuk membuka aliran dengan cara mengangkat gerbang penutup nya yang berbentuk bulat atau persegi panjang.


Gate valve tidak untuk mengatur besar kecil laju suatu aliran fluida dengan cara membuka setengah atau seperempat posisinya, Jadi posisi gate pada valve ini harus benar benar terbuka (fully open) atau benar-benar tertutup (fully close). Jika posisi gate setengah terbuka maka akan terjadi turbulensi pada aliran tersebut dan turbulensi ini akan menyebabkan :


a. Akan terjadi pengikisan sudut-sudut gate.

Laju aliran fluida yg turbulensi ini dapat mengikis sudut-sudut gate yang dapat menyebabkan erosi dan pada akhirnya valve tidak dapat bekerja secara sempurna.


b. Terjadi perubahan pada posisi dudukan gerbang penutupnya. 

Gerbang penutup akan terjadi pengayunan terhadap posisi dudukan (seat), sehingga lama kelamaan posisi nya akan berubah terhadap dudukan (seat) sehingga apabila valve menutup maka gerbang penutupnya tidak akan berada pada posisi yang tepat, sehingga bisa menyebabkan passing.

$ads={1}

Body :

Cast Iron, Cast Steel, WCB, SUS316, SUS304, Forged Steel, Forged Brass, Bronze


Connection :

JIS 10K, JIS 16K, JIS 20K, PN 16, ANSI 150, ANSI 300, ANSI 600, NPT, BSPT

Size : 1/2 “ - 24”


Ada 3 jenis gate valve:


1. Rising Stem Gate Valve, jika dioperasikan handwheel naik dan stem juga naik

2. Non Rising Stem Gate Valve, jika di opersikan handwheel tetap dan stem juga tetap.

3. Outside Screw & Yoke Gate Valve, jika di operasikan handwheel tetap tapi stemnya naik.


Rising Stem & Non Rising Stem digunakan untuk tekanan yang tidak terlalu tinggi, dan tidak cocok untuk getaran. Outside Screw & Yoke Gate Valve amat cocok digunakan untuk high pressure. Biasanya OS & Y banyak di gunakan di lapangan minyak, medan yang tinggi, temperature tinggi. Karena pada OS & Y stem naik atau turun bisa dijadikan sebagai penanda. Contoh, apabila stem tinggi itu menandakan posisi valve sedang buka penuh. Pada dasarnya body & bonet pada gate terbuat dari bahan yang sama.


Semoga informasi ini bermanfaat


- Fordiasi, Forum Media Informasi - 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close