6 Tips Jitu Agar Tidak Gugup Sebelum Melakukan Interview ( Dijamin Berhasil )

6 TIPS JITU AGAR TIDAK GUGUP SEBELUM MELAKUKAN INTERVIEW ( DIJAMIN BERHASIL )


FORDIASI.COM | DUNIA KERJA - Mendapatkan Interview kerja merupakan berita yang paling menggembirakan bagi para Jobseeker. Tentu hal ini menjadi sebuah peluang yang sangat berharga baginya.

Salah satu problem yang sering dialami oleh para Jobseeker terutama para Freshgraduate adalah Wawancara Kerja. Terkadang banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer, sehingga membuat jobseeker gugup dan tidak fokus dan pada akhirnya gagal diproses Wawancara tersebut.

Ada beberapa tips agar kamu dapat melewati rasa gugup tersebut, tentu tips ini berhasil jika kamu menjalankannya. berikut tips-tipsnya :


1. BERDOA


Pertama kali yang perlu kamu lakukan adalah Berdo'a. Karena dengan do'a kepada tuhan, kamu akan lebih merasa rileks dan tenang. Serahkan segala urusan kepada Tuhan, percayalah kepada-Nya, karena Tuhanlah yang menentukan takdir terbaik untukmu.

$ads={1}

2. BERISTIGHFAR 


Bagi seorang muslim, membaca Isighfar sangat amat perlu dianjurkan, agar hati kita lebih terasa tenang dan mengingat sang pencipta, agar diri ini tunduk lebih dalam kehadirat sang Maha Pencipta. Salah satu fadillah membaca Isitghfar yang banyak adalah diperolehnya rezeki seperti ayat firman Allah SWT di bawah ini :

Allah berfirman: “…istighfarlah kepada Rabb–mu lalu bertaubatlah kepada-Nya; niscaya Dia akan memberimu kenikmatan yang terus-menerus…” (QS. Hud: 3).

Siapa tahu dengan kamu membaca Istighfar, Itulah rezekimu.


3. LIHAT FOTO KELUARGA ( ORANG TERSAYANG )


Dengan kamu melihat foto keluarga atau orang terscintamu, kamu akan lebih fokus pada Wawancaramu nanti, karena kamu bekerja untuk mereka, untuk menafkahi mereka dan untuk menghalalkan dirnya. Jadi melihat foto orang tercinta merupakan salah satu indikator penting agar kamu tidak Gugup ketika melakukan sesi wawancara.


4. BELAJAR SELAK BELUK PERUSAHAAN


Biasanya pihak recruiter akan bertanya mengenai informasi Perusahaannya. Ia akan mencari tahu, apakah si kandidat tersebut mengetahui tidak core bisnis Perusahaannya, bergerak dibidang apa dan sejarah berdirinya. Dengan begini, recruiter tahu bahwa si kandidat ternyata memang serius ingin bekerja di tempatnya dan menjadikan Nilai Plus untukmu. dengan ini kamu dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan tidak akan gugup ketika ditanya mengenai hal itu.


5. KUASI TEORI TEKNIS YANG KAMU MILIKI (KOMPETENSI)


Sehari sebelum kamu melakukan interview, usahakan lebih perdalam kompetensimu, terutama dalam teori (melakukan penjelasan). Karena banyak sekali kandidat yang menguasai pekerjaannya dalam segi teknis namun tidak bisa menjelaskan dari segi Teori. Dengan kamu bisa menjelaskan dan mempraktekkannya dengan sempurna, maka recruiter akan lebih yakin dengan kompetensi yang kamu miliki. Dan hal ini juga akan mengurangi rasa gugupmu ketika ditanya mengenai skill dan pekerjaan yang kamu kuasai.

$ads={2}

6. PIKIRKAN TEKAD DAN TUJUAN ANDA


Ketika kamu bekerja, pasti memiliki tekad dan tujuan yang kuat untuk apa kamu bekerja. Dengan kamu memantapkan niat, memikirkan tekad dan tujuan, kamu akan lebih Optimis dan fokus sehingga menghilangkan rasa Grogi/pun gugup ketika menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari Intereviewer.


6 Tips Jitu Agar Tidak Gugup Sebelum Melakukan Interview ( Dijamin Berhasil ) " merupakan pengalaman si penulis ketika ingin interview dengan pihak recuriter.


Dengan pengalaman bekerja kurang lebih 10 tahun, Membuat si penulis lebih mendapatkan pengalaman yang cukup banyak. Sebenarnya masih banyak tips yang perlu dilakukan, namun dengan ke-6 tips ini sudah sangat cukup untuk menghilangkan rasa grogi kamu menghadapi interviewer.


Semoga informasi ini bermanfaat.


Penulis : Hendra Setiawan


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama