Hal Mendasar Yang Harus dipahami Oleh Penulis Blog ( Blogger Pemula )

HAL MENDASAR YANG HARUS DIPAHAMI OLEH PENULIS BLOG ( BLOGGER PEMULA )


FORDIASI.COM | ARTIKEL - Blog merupakan sebuah platform yang disediakan oleh google bagi para penulis pemula ataupun berpengalaman.


Penulis blog disebut dengan istilah Blogger. banyak diantara mereka yang telah sukses di dunia blog dengan mendapatkan penghasilan tetap pertiap bulannya. dari jumlah satu digit hingga 3 digit. hal tersebut tentu berkat konsistensi ia selama menulis di blog miliknya, tentu tujuan mereka menulis tidak lain untuk berkarya dan edukasi.


Namun di era saat ini, para blogger pemula memiliki tujuan yang berbeda dibandingkan blogger pendahulunya. Artikel yang mereka miliki kebanyakan copy-paste dari blog lain lalu di edit beberapa bagian kalimat saja, sehingga google menilai artikelnya bukan dalam kategori "unik".

$ads={1}

Ada beberapa hal mendasar yang perlu diketahui oleh para Blogger pemula, berikut penjelasannya:


1. TUJUAN


Jika kamu ingin menjadi seorang blogger maka tetapkan tujuanmu. Apakah kamu ingin menjadikan blogger sebagai profesi ataukah sekedar hobi menulis saja. Jika kamu menjadikan blogger sebuah profesi, maka konsisten dalam membuat konten dengan tulisan yang terbaik, jika kamu terpaksa harus mengutip sebagian tulisan melalui blog lain, maka usahakan perbandingan tulisan kamu dengan referensi blog yang kamu kutip 70:30. Jangan lupa untuk menyertakan sumber kutipan diakhir artikel yang kamu buat.


Jika kamu ingin menjadikan blog sebagai hobimu, maka tulislah berdasarkan passion yang kamu miliki.


2. TENTUKAN NICHE BLOG KAMU


Setiap penulis pasti memiliki kompetensi yang berbeda. Oleh sebab itu ada istilah Niche Blog. Niche blog adalah tema atau topik khusus untuk blog.


Jika kamu memiliki kemampuan dibidang tertentu, maka tulislah artikel blogmu sesuai kompetensi serta pengalaman yang kamu miliki.


Contoh: Jika kamu menyukai teknik informatika ataupun memiliki kompetensi dibidang terkait, maka buatlah blog yang relevan dengan skill kompetensi yang kamu miliki.

 

Jangan sampai kamu membuat artikel yang kamu sendiri tidak kuasai. Hal ini akan menjadi kekeliruan informasi bagi yang membaca.


3. FOKUS & KONSISTEN

$ads={2}

Fokus dan konsisten merupakan faktor utama jika kamu ingin menjadi blogger yang sukses. Karena banyak para blogger yang katanya ingin menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, namun nyatanya ia sendiri tidak membuat artikel secara konsisten. efek ketidakfokusannya dalam menulis, yang ia dapatkan hanya cape dan lelah saja, namun beda dengan mereka yang menjadikan blog sebagai hobi menulis saja.


3 Point diatas adalah Hal Mendasar Yang Harus dipahami Oleh Penulis Blog ( Blogger Pemula )


Semoga tulisan ringkas ini bermanfaat bagi para blogger baru


Penulis: Hendra, S


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama