Netizen Indonesia Tidak Sopan Dalam Dunia Maya, Benar Atau Salah?

NETIZEN INDONESIA TIDAK SOPAN DALAM DUNIA MAYA, BENAR ATAU SALAH?


FORDIASI - Microsoft mengumumkan hasil riset yang menunjukkan netizen Indonesia adalah netizen yang paling tidak sopan di Asia Tenggara. Terlepas dari beberapa kejanggalan yang saya temukan di dalam riset itu, menurut saya memang benar ada banyak sekali netizen yang tidak beradab di Indonesia. Mulai dari medsos hingga online news portal dipenuhi dengan comments yang bikin sakit kepala.


Saya setuju dengan Ridwan Kamil yang bilang, “Banyak membuli dan galak di medsos, pas ketemu seolah paling sopan dan santun.”


Ada banyak sekali comments yang menghina SARA, bentuk fisik, profesi, dan identitas pribadi lainnya. Kalau netizen Indonesia sudah marah, isi comment mereka biasanya sudah tidak nyambung lagi dengan konten yang bikin mereka marah itu. Masih banyak yang tidak paham konsep jika tidak setuju dengan pendapat seseorang, kritiklah pendapatnya dan jangan malah menghina orangnya.

$ads={1}

Balik lagi ke survey Microsoft, rupanya banyak netizen Indonesia tidak terima dengan hasil riset yang saya sebutkan di sini. Mereka lalu ramai-ramai menghujani akun Instagram Microsoft dengan bad comments sampai akhirnya Microsoft menutup kolom comments di akun mereka. And that’s actually a proof that the research was right


Oleh : Riffa Sancati Founder I The Lens Story | Cerita Media I Book Author - The Little Handbook for Big Career


Semoga Artikel " Netizen Indonesia Tidak Sopan Dalam Dunia Maya, Benar Atau Salah? " bermanfaat bagi para pembaca.


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close