Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware Pada Komputer

PENGERTIAN, FUNGSI, JENIS DAN CONTOH HARDWARE PADA KOMPUTER


FORDIASI.COM | TEKNOLOGI - Komputer atau Laptop dapat dioperasikan jika seluruh intsrument-intrumentnya dirakit menjadi satu.


Intrument tersebut tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu Software (perangkat lunak) dan Hardware (Perangkat Keras). Kedua tersebut memiliki fungsional dan bentuk yang berbeda. 


Melalui artikel kami akan menjelaskan sedikit tentang " Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware Pada Komputer "


Pengertian Hardware (Perangkat Keras Komputer)


Hardware (Perangkat Keras) adalah  semua jenis piranti atau komponen komputer yang bagian fisiknya dapat dilihat secara kasat mata dan dirasakan langsung.


Namun menurut para ahli IT, pengertian dari hardware tersebut berbeda-beda :


1. Joko Untoro

$ads={1}

Hardware merupakan salah satu perangkat fisik berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.


2. Sunarto S. Kom


Hardware adalah suatu perangkat pendukung EDPS (elektronik data processing system) yang dapat disentuh dan dirasakan.


3. R. Wilman dan Riyan


Hardware yaitu serangkaian peranti elektronik yang tercompact pada ponsel yang berfungsi terkait piranti-piranti menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.


4. James O’Brien


Hardware yakni semua perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain.


Perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif.


5. Ali Zaki


Hardware ialah segala bagian fisik dari komputer, termasuk sirkuit digital di dalam perangkat komputer.


6. Raya Fahreza


Hardware sebagai bagian dari komputer yang bekerja sesuai dengan instruksi software.


7. Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto


Hardware merupakan sebuah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.


8. Rainer


Hardware ialah salah satu perangkat dalam komputer yang berbentuk fisik seperti processor, monitor, keyboard, dan printer.


Hardware berfungsi untuk menerima data atau informasi, memproses dan menampilkan informasi mentah menjadi informasi baru yang berguna.


9. Yudha Yudhanto, Yunus Sulistyo dan Dedi Gunawan


Hardware yaitu segala sesuatu komponen pembentuk sebuah komputer secara fisik.


10. Wahana Komputer


Hardware adalah seperangkat komputer yang terdiri atas susunan komponen-komponen elektronik berbentuk fisik (berupa benda).


11. Rachmad Hakim S


Hardware yakni suatu perangkat keras, yaitu alat tambahan yang dapat dipasang ke dalam komputer.


Biasanya, hardware terlihat sebagai bentuk output dari setiap proses sistem operasi komputer. Namun tentu saja, perangkat keras harus dibantu dengan software pendukung agar perintah yang ada dalam komputer dapat dioperasikan dengan baik.


Baca Juga: 

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Software Pada Komputer


Fungsi Hardware atau Perangkat Keras secara Umum


Setelah mengetahui pengertian dari hardware, selanjutnya kamu harus juga mengetahui apa fungsi daripada hardware (perangkat keras) dalam sebuah sistem operasi komputer.


Adapun fungsi dari Hardware (Perangkat Keras) adalah sebagai berikut :


1. Untuk menerima input

Hardware tertentu mempunyai fungsi khusus yaitu untuk menerima input yang dilakukan user. Nantinya inputan tersebut akan diproses menjadi informasi tertentu.


2. Untuk mengolah data atau informasi

Sesudah menerima masukan atau inputan, beberapa hardware mempunyai fungsi untuk memproses atau mengolah inputan mejadi informasi baru.

$ads={2}

3. Untuk memberikan Output

Sesudah diproses, hardware tertentu akan memberikan keluaran atau output kepada user. Setiap keluaran/ output yang dilihat user akan ditampilkan lewat hardware khusus.


4. Untuk menyimpan data atau informasi

Output yang dihasilkan komputer bisa disimpan pada perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware yang berfungsi untuk menyimpan data tidak hanya terpasang pada komputer saja, akan tetapi ada juga yang terpasang di luar.


Jenis-jenis Hardware Berdasarkan Fungsinya


sumber foto : unsplash/alienwaregaming


Jenis hardware umumnya dikelompokkan berdasarkan fungsi setiap hardware masing-masing. Berikut ini jenis-jenis hardware menurut fungsi dan kegunaannya :


1. Input Device (perangkat input/masukan)

Jenis perangkat keras komputer ini berfungsi untuk memasukkan data atau informasi (dalam bentuk teks, gambar, video, dan audio) ke komputer. 


Beberapa contoh hardware yang termasuk input device seperti keyboard, mouse pen, microphone, webcam, joystick, dan lain-lain.


2. Process Device/Hardware (perangkat proses)

Sesuai namanya, perangkat keras jenis process drive berfungsi untuk mengolah data dan menjalankan proses pada sistem komputer. Contoh process device yaitu CPU, RAM, VGA, dan sebagainya.


3. Output Device (perangkat output/keluaran)

Yang ketiga, ada jenis hardware untuk mencetak dan menampilkan informasi dari hasil input data. Untuk data tersebut berasal dari hardware input setelah hardware process. Contoh: speaker, monitor, dan printer.


4. Storage Device (perangkat untuk menyimpan)

Storage device merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan, berguna untuk menyimpan data-data komputer. Contohnya, hardisk, floppy disk, CD/DVD, dan flashdisk.


Berikut Beberapa Contoh Hardware Pada Komputer


- Casing, untuk melindungi ataupun menutupi bagian dalam komputer (motherboard).

- Motherboard :Sebagai papan sirkuit utama yang sebagai penghubung komponen hardware lainnya. Motherborad bisa disebut juga inti daripada komputer

- Power Supply, sebagai penyedia daya untuk digunakan motherboard.

- Processor atau Microprocessor adalah sebuah perangkat keras yang menjadi otak sebuah komputer dan apabila PC tanpa processor maka PC tidak dapat dijalankan. Processor sering juga disebut sebagai pusat pengendali atau otak komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor merupakan suatu IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

- RAM berfungi untuk menyimpan data yang dibutuhkan CPU secara acak dan sementara. Data akan hilang jika komputer dimatikan. dan RAM ini pengaruh pada kecepatan/proses loading pada Komputer.

- ROM (memori pada komputer) untuk menyimpan data lebih lama dibandingkan dengan RAM. ROM ini berhubungan dengan BIOS komputer

- Hard Disk Drive sebagai perangkat penyimpan data pada komputer.

- DVD/CD ROOM untuk membaca dan menulis data ke media CD/DVD. Namun saat ini, CD/DVD sudah sangat jarang sekali dipasang pada komputer dan Laptop karena perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Keyboard sebagai papan ketik pada komputer/PC atau laptop, Seperti mengetik pada Software Microsoft Office, menulis ataupun sebagai tombol Shorcut (jalan pintas) ketika mengoperasikan komputer.

- Mouse sebagai penunjuk atau kursor arah pada layar monitor.

- Webcam berfungi untuk mengambil dan merekam gambar maupun video. Biasanya kualitas dari webcam ini tidak terlalu bagus dan terkesan sebagai formalitas saja.

- Mikrofon untuk mengambil atau merekam suara.

- Scanner untuk memindah sebuah berkas (kertas) ke format file.

- Touchpad, sama seperti mouse, tetapi adanya di laptop saja.

- Trakball, sama seperti mouse, namun lebih mudah dalam menggunakannya.

- Monitor untuk menampilkan visual dari komputer ke layar monitor.

- Speaker sebagai perangkat pengeras suara.


Demikianlah penjelasan lengkap mengenai " Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware Pada Komputer "


Semoga informasi yang disampaikan ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu bagi para pembaca


Terima Kasih


Sumber : dikutip berbagai sumber


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama