Tips Membeli Makanan di Jalur Wisata ( Luar Kota )

Sumber foto: infobdg

TIPS MEMBELI MAKANAN DI JALUR WISATA ( LUAR KOTA )


FORDIASI.COM | TIPS KULINER - Seharian mengendarai kendaraan membuat badan letih dan terasa lapar. Tentu hal yang kamu pikirkan adalah mengisi perut yang sedang keroncongan.


Biasanya diperjalanan kita melihat berbagai macam tempat makan di pinggir jalan seperti Restoran kecil, Pecel Lele, Nasi Bebek, Soto Ayam dan berbagai macam jenis kuliner lainnya.


Namun banyak oknum penjual yang memanfaatkan keadaan tersebut dengan menaikkan harga yang tidak masuk akal ketika ada pembeli luar kota datang.

$ads={1}

Berikut beberapa tips jika kamu ingin membeli makanan ketika melakukan perjalanan di luar kota terutama di tempat wisata :


1. PARKIR KENDARAAN


Biasanya penjual makanan akan melihat kendaraan yang kamu gunakan. Jika menggunakan motor ataupun mobil berplat luar kota, kemungkinan harga menu yang ditawarkan akan lebih mahal. Karena menurut si penjual, kamu hanya melewati daerah situ dan makan di tempatnya sekali saja. Oleh sebab itu parkirlah kendaraan diluar jangkauan pandangan matanya.


2. GUNAKAN BAHASA DAERAH TERSEBUT


Pada umumnya, Penjual akan memberikan harga yang sesuai atau bahkan lebih murah jika kita berinteraksi dengan bahasa daerahnya. Jika penjual orang jawa, maka usahakan sebisa mungkin berbahasa jawa, jika orang sunda, usahakan sebisa mungkin berbahasa sunda walaupun hanya percakapan dasarnya saja. Karena bahasa sangat berpengaruh pada harga menu makanan yang diberikan.


3. PERHATIKAN HARGA MENU MAKANAN


Biasanya kamu akan diberikan sebuah daftar menu makanan oleh si penjual, maka disitu kamu harus memperhatikan secara detail. Apakah menu tersebut mencantumkan harga ataukah tidak, jika memang tidak ada, alangkah baiknya kamu bertanya perihal daftar menu yang ingin kamu pesan agar kamu mengetahui harga sebenarnya.


Banyak para pembeli menganggap remeh temeh hal tersebut, mereka dikejutkan dengan bill yang tidak masuk akal setelah usai menyantap hidangannya. Pada akhirnya dirinya merasa ditipu karena dipermainkan harga menunya dan berujung upload di media sosial.


4. JIKA TIDAK ADA DAFTAR MENU?


Jika tidak ada daftar menu, Alangkah baiknya kamu bertanya terlebih dahulu sebelum membeli demi memastikan harga makanan termasuk kategori relatif (terjangkau) atau tidak. Jika harganya tidak masuk akal, maka kamu dapat mencari tempat makan lainnya.


5. USAHAKAN CARI RESTORAN KECIL 


Jika dirasa kamu dapat menahan rasa laparmu, disarankan untuk membeli makan di tempat restoran kecil. Biasanya pihak restoran tidak akan menaikkan harga sesukanya. Karena harga pada menu sudah ditetapkan sesuai SOP yang berlaku.


Bukan hanya itu, bahkan menurut pengalaman penulis selama mencicipi kuliner di rute perjalanan Jakarta - Bandung, Harga di restoran kecil lebih terjangkau dibandingkan warung dipinggir jalan. Entah kenapa, namun begitu faktanya.

$ads={2}

Artikel ini bukan bermaksud untuk menjatuhkan pedagang kaki lima, hanya saja untuk mengingatkan bahwa ada oknum yang demikian dan sebagai tips agar si pembeli tidak dirugikan secara finansial.


Semoga artikel " Tips Membeli Makanan di Jalur Wisata ( Luar Kota ) " bermanfaat untuk sobat yang membacanya.


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close