Aplikasi Nilai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)


APLIKASI NILAI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)


FORDIASI.COM | INFORMASI - Aplikasi Pengolahan Nilai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), akankah ada..? Mari kita simak tentangAsesmen Kompetensi Minimum (AKM) 


AKM adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (Numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. 


AKM bertujuan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten. 


Literasi membaca merupakan  kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. 

$ads={1}

Numerasi yaitu kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.



Merujuk pada tahun lalu terdapat sebuah aplikasi penilaian yang diinput pada sistem Dapodik yang disebut dengan e-Raport SD. Aplikasi dibuat untuk mempermudah pendidik dalam mengelola atau menrencanakan dan atau melakukan pengolahan nilai dan melaporkan hasil belajar peserta didik sebagaimana tertuang dalam Permendikbud No 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan


Pada tanggal 14 November 2019 telah dirilis Aplikasi e-Raport SD dan telah diujicobakan pada bulan juli 2019 dengan melibatkan LPMP, Pusat Teknologi dan Komunikasi Kemdikbud dan praktisi pendidikan. Kemendikbud telah merilis penggunaan Aplikasi e-Raport SD versi V.1.0 sebagaimana tertera pada laman http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/e-raport. Akankah ada Aplikasi Nilai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada tahun ini agar mempermudah proses pengolahan nilai. Kita tunggu saja.

$ads={2}

Sumber : atharhn.blogspot.com


Demikian artikel " Aplikasi Nilai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) "


Semoga bermanfaat


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close