Inilah Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis Dan Cara Mengatasinya

INILAH PENYEBAB BATERAI SMARTPHONE CEPAT HABIS DAN CARA MENGATASINYA


FORDIASI.COM | GADGET - Salah satu hal yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna smartphone yaitu baterai yang cepat habis. Hal tersebut tentu akan sangat menghambat aktivitas Anda ketika menggunakan Smartphone. Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya banyak aktivitas saat ini yang membutuhkan smartphone sebagai medianya.


Ketika baterai smartphone tersebut cepat habis, otomatis itu akan mengurangi produktivitas Anda dalam berkerja. Bahkan untuk HP keluaran baru pun tidak menjamin pangkat tersebut akan tahan terhadap panas dan baterai tidak cepat habis.

$ads={1}

Penggunaan yang salah membuat kondisi overheat bisa saja terjadi pada Hp yang menyebabkan baterai tersebut terkuras. Berikut akan dibahas mengenai beberapa penyebab baterai cepat habis dan bagaimana cara mengatasinya :


Apa Saja Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis?


HP Dimainkan Saat di Isi Daya



Penyebab pertama kenapa smartphone Anda cepat sekali mengalami panas dan baterai cepat habis yaitu dikarenakan banyak sekali aplikasi yang tengah Anda jalankan secara bersamaan. Tentunya Anda juga sering melakukan hal ini bukan?


Membuka aplikasi dalam jumlah yang banyak kemudian hanya menutup aplikasi tersebut menggunakan home. Menutup aplikasi dengan menggunakan tombol tersebut sebenarnya masih memungkinkan aplikasi tetap berjalan di latar belakang.


Semakin banyak aplikasi yang Anda tutup menggunakan tombol tersebut, otomatis juga semakin banyak yang berjalan di latar belakang. Tentunya hal ini akan membuat smartphone Anda bekerja lebih keras lagi, sehingga membuat kondisi smartphone cepat panas dan baterai cepat habis.


Oleh karena itu aktivitas membuka aplikasi secara bersamaan perlu Anda kurangi. Dan pastikan aplikasi yang sudah tidak terpakai segera Anda tutup sehingga aplikasi tersebut tidak terus berjalan dan menguras baterai smartphone Anda.


Selain itu saat Anda sedang mencari atau mengisi daya hp, maka sangat tidak dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan perangkat ponsel tersebut. Baterai ponsel akan mengalami kondisi suhu di atas normal ketika sedang dilakukan pengisian daya.


Hal inilah yang menjadi penyebab kenapa baterai cepat habis. Oleh karena itu agar menggunakan baterai jadi lebih awet sebaiknya Anda menghindari penggunaan HP ketika sedang mengisi daya


Suhu Lingkungan yang Panas dan Sinyal yang Kurang Stabil


Suhu lingkungan di mana Anda berada juga cukup berpengaruh terhadap baterai yang cepat sekali habis. Jika Anda menggunakan ponsel pada suhu udara yang cukup panas, maka hal itu bisa menjadi penyebab kenapa hp menjadi overheat sehingga baterai cepat terkuras.


Oleh karena itu ketika Anda berada di luar ruangan, maka upayakan agar menghindari kontak langsung antara HP dengan cahaya matahari agar baterai tidak cepat habis dan panas. Selain itu cahaya matahari nyatanya juga dapat membuat layar cepat rusak.


Penyebab lain  yang membuat HP menjadi cepat panas dan baterai cepat habis yaitu dikarenakan sinyal yang kurang stabil. Saat senyawa tersebut tidak stabil maka perangkat akan terus-menerus mencari sinyal sehingga hal tersebut menyebabkan HP harus bekerja lebih keras.

$ads={2}

Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut Anda bisa mengantisipasinya dengan menggunakan jaringan wi-fi untuk memperoleh akses internet. Anda juga dapat menggunakan mode pesawat atau mematikan data internet ketika HP tidak dipakai.


Adanya Bug pada Aplikasi



Bug yang terdapat di dalam software maupun aplikasi akan menjadi salah satu penyebab kenapa HP overhead dan baterai cepat habis. Hal itu wajar saja karena memang bug menyebabkan prosesor tidak dapat bekerja secara optimal. Itulah kenapa selalu diperlukan update ataupun pembaruan.


Bagaimana Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Cepat Habis?



Baterai Smartphone yang cepat sekali habis tentunya akan menghambat aktifitas kita dalam menggunakan perangkat tersebut. Terlebih saat ini banyak sekali kegiatan yang bergantung dengan perangkat yang satu ini.


Karena itulah Anda perlu melakukan beberapa hal agar baterai bisa menjadi lebih awet dan HP juga tidak cepat mengalami panas. Berikut ini akan diulas mengenai apa saja cara yang bisa dilakukan agar menghindari penggunaan baterai yang cepat habis tersebut.


Kosongkan Data Penyimpanan dan Lakukan Backup Data


Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang cepat panas sehingga baterai tidak awet yaitu dengan mengosongkan data penyimpanan yang terdapat di HP Anda. Terlebih bagi Anda para pengguna smartphone Android, maka cara ini sangatlah manjur untuk dilakukan.


Kosongkan penyimpanan internal dengan menghapus data-data yang tidak begitu penting. Sehingga dengan begitu penyimpanan tidak penuh dan dapat merusak komponen. Memori penyimpanan internal yang penuh hanya akan mempengaruhi kinerja dari perangkat Anda. Oleh karena itu segera lakukan pembersihan data di penyimpanan internal.


Hal lain yang menjadi salah satu pendukung agar baterai tetap awet digunakan yaitu dengan melakukan pembackupan data secara berkala. Dengan melakukan hal tersebut akan sangat menolong Anda sebagai pengguna untuk membuat baterai semakin awet.


Selain itu juga pembekalan data berfungsi untuk menjaga file-file penting Anda yang terdapat di perangkat Android tidak hilang atau terhapus begitu saja.


Lakukan Update OS dan Instal Aplikasi yang Dibutuhkan Saja




Melakukan pembaruan pada sistem operasi sangatlah penting untuk Anda lakukan. Dengan melakukan pembaruan terhadap OS tersebut, maka smartphone akan bekerja dengan lebih optimal lagi.


Pembaruan sistem operasi yang tersedia umumnya akan menawarkan beberapa keunggulan serta kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem operasi sebelumnya. Semua keunggulan tersebut mengarah pada kinerja yang lebih baik lagi dari sistem operasi perangkat smartphone Anda.


Untuk dapat melakukan pembaharuan sistem operasi, Anda hanya tinggal menuju ke pengaturan. Kemudian Anda pilih about dan kemudian tekan software update. Perlu diingat juga bahwa Anda tidak boleh menginstal terlalu banyak aplikasi.


Upayakan Anda menginstal aplikasi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Terlebih jika perangkat smartphone Anda memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, maka hal tersebut tentunya hanya akan membuat ponsel Anda harus bekerja lebih keras lagi.


Hal tersebut pada akhirnya akan membuat perangkat kelebihan panas sehingga baterai jadi terkuras. Maka dari itulah aplikasi yang menurut Anda saat ini keberadaannya tidak terlalu penting sebaiknya diuninstall saja.


Matikan Daya HP Ketika Tidak Dipakai



Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP yang cepat sekali panas sehingga baterai tidak awet yaitu dengan mematikan HP tersebut ketika tidak dipakai. Dengan begitu akan terjadi proses pendinginan pada sistem operasi serta komponen yang terdapat pada ponsel. Khususnya untuk bagian RAM serta prosesor.


Ketika proses pendinginan tersebut berlangsung otomatis komponen yang terdapat pada ponsel akan mulai dingin. Hal itu pada akhirnya nanti akan berdampak pada performa HP yang akan semakin lebih baik lagi saat digunakan kembali.


Tentunya Anda tidak setiap waktu menggunakan HP untuk beraktivitas. Ada saat ketika Anda harus berhenti sejenak atau beristirahat. Maka di saat itulah Anda bisa mematikan HP untuk sementara waktu.


Dengan begitu Anda telah memberikan kesempatan bagi HP tersebut untuk memperbaiki performanya sendiri. Memaksakan HP bekerja terlalu keras hanya akan menyebabkan perangkat cepat sekali panas dan baterai yang mudah terkuras


Sumber : blogyuk.com


Demikian artikel " Inilah Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis Dan Cara Mengatasinya "


Semoga informasi ini bermanfaat...


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama