Kupas Tuntas : Cara Menaikkan Traffic Blog Melalui Facebook

KUPAS TUNTAS : CARA MENAIKKAN TRAFFIC BLOG MELALUI FACEBOOK


FORDIASI.COM | INFORMASI - Menjadi blogger bukan hanya harus pandai copywriting, namun juga harus memahami bagaimana caranya mendatangkan banyak audiens agar berkunjung ke blog kita.


Banyak teknik-teknik yang telah dibagikan oleh para blogger expert di google, namun banyak dari mereka yang tidak membuka dapurnya secara eksplisit.


Penulis merupakan seorang blogger yang sudah berkecimpungan dari tahun 2017, walaupun masih terbilang baru namun banyak ilmu dan pengalaman yang sudah didapatkan hingga saat ini. melalui artikel ini penulis akan membagikan Tips Menaikkan Trafik Blog Melalui Facebook secara Lengkap.


1. Domain TLD ( Top Level Domain )


Ketika kamu ingin memperkenalkan blog-mu di platform media sosial, usahakan blog yang kamu miliki sudah berdomain TLD ( seperti .com, .id, .info, .co.id, dll )


Karena menurut pengalaman penulis. Sewaktu penulis sering membagikan artikel blog ke facebook. Domain blogspot rawan sekali terkena blokir oleh pihak developer. Bahkan penulis pernah menggunakan jasa pembukaa unblock blog pada facebook, namun tetap saja terblokir kembali di kemudian hari jika membagikannya kembali. Sebab apa?


Sebab algoritma yang ada pada facebook, blogspot merupakan domain gratis yang bisa dibilang kredibilitasnya diragukan. Mau tulisan sebagus apapun itu, judul semenarik apapun itu, kalau kita share ke media sosial, nanti dikemudian hari akan ke blokir.

$ads={1}

Beda halnya dengan domain TLD, penulis berkali-kali bahkan sehari bisa lebih puluhan kali share di media sosial, sampai sekarang aman-aman saja.


Jadi, bagi yang belum mengubah alamat domain mu, silahkan ubah sekarang menjadi domain ber-TLD yah.


2. Membuat Fanspage Facebook Official


Ketika kamu memiliki Blog, tentu kamu wajib memiliki official media sosialnya. Karena ini menyangkut dengan brand kamu agar lebih dikenal publik dan kredibilitasnya diakui.


Kamu dapat membuat fanspage facebook sebagai media sharing. bukan hanya artikel blog-mu saja yang di share, namun berbagai macam informasi sesuai niche blog yang kamu buat dapat dituangkan di dalamnya.


Salah satu fungsi Fanspage Facebook adalah guna membagikan artikel pada blog ke fanspage. Bisanya penulis setelah membagikan artikel ke fanspage facebook, lalu di share kembali ke grup-grup facebook yang relevan dengan artikel yang dipublish.


Setiap kamu membagikan artikel, jangan lupa untuk membuat sebuah copywriting pada paragraf awal, agar para pengunjung tertarik visit ke artikel blog yang kamu share. Intinya jangan share linknya saja yah!. dan Gunakan Foto yang menarik agar audiens tertarik mengunjungi blog-mu


3. Kolom Komentar


Manfaatkan juga fitur komentar yang telah disediakan oleh facebook. Biasanya penulis membagikan artikel blog ke postingan facebook yang popular pada fanspage maupun grup facebook. namun ingat!, Jika ingin membagikan artikel pada kolom komentar postingan, harus memperhatikan beberapa hal berikut :


- Tidak membagikan secara terus menerus

- Menggunakan Shortlink

- Jangan Spam komentar link pada grup yang sama

$ads={2}

Karena ketiga hal tersebut ditakutkannya ada pihak anggota grup yang melapor/mereport ke facebook karena dianggap SPAM dan konsekuensinya adalah kamu akan dibatasi untuk mengirim link blog/artikel blog di grup facebook. Karena dianggap menyalahi aturan komunitas facebook.


Jadi harus main cantik dan jelih yah sob!


4. Membagikan ke Grup Facebook


Grup Facebook merupakan salah satu cara paling jitu untuk mendatangkan visitor ke blog yang kita miliki. Penulis sendiri benar-benar merasakan impactnya yang begitu luar biasa. Bahkan visitor non organik lebih banyak dibandingkan visitor organik (google).


Namun, facebook pribadi yang kamu miliki akan lebih rawan terjadinya pemblokiran. Sebab jika kamu membagikan artikel secara terus menerus bisa dianggap spam dan melanggar komunitas facebook. Akhirnya artikel blog kamu tidak bisa dibagikan melalui facebook pribadi.


Apakah ada tips agar aman dari pemblokiran? tentu ada. Berkat pengalaman penulis  yang berkali-kali diblokir karena memposting disebuah grup, akhirnya penulis memiliki tips yang sangat efektif dalam meng-share artikel blog ke facebook.


Bagaimanakah caranya? caranya akan ditulis di artikel berikutnya yah! karena cukup panjang, hehe.


Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga membantu para sobat blogger yah! teruslah berkarya dan jangan berhenti untuk menulis!


Silahkan komentarnya...


Penulis : Hendra Setiawan, Digital Marketing Specialist


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close