Lindungi Akun Sosial Media Anda Dengan Autentikasi Dua Faktor

LINDUNGI AKUN SOSIAL MEDIA ANDA DENGAN AUTENTIKASI DUA FAKTOR


FORDIASI.COM | INFORMASI - Banyak orang yang yang tidak mengetahui pentingnya autentikasi dua faktor di sosial media, bahkan mengabaikannya. Padahal autentikasi dua faktor atau A2F itu sangat penting di semua sosial media untuk berjaga-jaga jika akun terkena phising atau dihack. Seperti beberapa kasus yang belakangan ini terjadi dan saya lihat sendiri di beberapa sosial media.


Pernah ada kasus yang menimpah teman saya yang akun facebooknya diambil alih karena phising facebook, dia lalu meminta tolong kepada saya untuk mengembalikan akun tersebut. Padahal saya bukanlah seorang hacker yang bisa mengambil atau hack akun seseorang, tapi saya berinisiatif membantu walau sebenarnya saya sedikit malas untuk melakukannya. Pertama saya menggunakan metode cracking tertarget menggunakan aplikasi termux, kedua saya menggunakan metode report akun. Dan setelah 4 kali gagal menggunakan metode cracking tertarget akhirnya dengan menggunakan report akun ke 3 kalinya setelah 2 kali gagal, maka akun milik teman saya berhasil. Setelah itu saya menyarankan teman saya untuk menggunakan autentikasi dua faktor pada akunnya. Awalnya dia meragukan autentikasi dua faktor tapi setelah saya menjelaskan pentingnya autentikasi dua faktor dia langsung memasangnya.

$ads={1}

Kemudian ada kasus dari teman grup whatsapp saya yang akun instagramnya diambil alih oleh seseorang yang menggunakan cracking tertarget. Saya merasa kasihan terhadap teman grup whatsapp saya, karena akun instagramnya dia gunakan untuk berjualan yang otomatis untuk mencari uang. Dia meminta bantuan di grup whatsapp tersebut tapi sayangnya tidak ada yang mau membantu mengembalikan akunnya dan malahan menyuruhnya untuk bersabar. Dengan terpaksa saya mengirim pesan pribadi untuk membantu mengembalikan akunnya. Dengan sedikit pengetahuan saya tentang dunia hacking, saya mencoba untuk menghack akun milik teman saya. Setelah berhasil membobol dan mengubah kata sandi dan alamat email serta telepon di akunnya saya menyuruh teman saya menggunakan autentikasi dua faktor di akunnya.


Terakhir ada kasus yang sahabat saya alami, yaitu akunnya terkena checkpoint. entah bagaimana akunnya bisa kena checkpoint, intinya dia sudah melakukan banyak cara untuk lolos dari checkpoint tersebut namun gagal. Saya sudah menyuruhnya untuk menunggu sekitar 5 sampai 7 hari agar bisa masuk ke akunnya kembali, namun teman saya memaksa saya untuk melakukan sesuatu agar akunnya tidak kena checkpoint lagi. Mau tidak mau saya harus membantunya walaupun saya tidak yakin bisa berhasil atau tidak. Setelah melakukan beberapa metode yang saya dapat dari youtube maka saya bisa membobol akunnya dengan mudah melewati checkpoint. Setelah itu saya menyarankan sahabat saya untuk menggunakan autentikasi dua faktor di akunnya.


Nah dari beberapa kasus di atas tadi, bisa disimpulkan Autentikasi dua faktor berguna sekali. Autentikasi dua faktor dapat menghindari akun dihack dan akun terkena checkpoint, seperti 3 kasus di atas.

$ads={2}

Source : tipsntriksosmed.blogspot.com


Demikian artikel mengenai " Lindungi Akun Sosial Media Anda Dengan Autentikasi Dua Faktor "


Semoga bermanfaat


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close