Migrasi Dan Peradaban Kuno Sulawesi 5000 Tahun Yang Lalu

MIGRASI PERADABAN KUNO SULAWESI 5000 TAHUN YANG LALU


FORDIASI.COM | SEJARAH - Teori migrasi manusia Sulawesi ada 2 asumsi yaitu dari utara dan dari Barat. Sesuai temuan situs purbakala, jaman kuno Sulawesi menandakan adanya peradapan manusia awal Sulawesi yang hidup di sekitar 6 atau 5 ribu tahun lalu sampai 2000 tahun lalu. 


Situs2 Megalitikum di Sigi, Lemba Palu dan Sekitarnya, situs waruga tua dan makam tebing di hutan Dumoga adalah bukti adanya peradapan hasil kebudayaan antara 6000 sampai 2000 tahun. 


Pahatan Lembah Sigi kemungkinan perasal dari pemahat Batu dari Lemba Lore. 


Pemahat batu2 megalitik Lembah Palu lebih muda usianya karena tidak ditemukan sebuah Arca2/Patung2 besar yang sama dengan yang ada di Lembah Lore, yang berusia 4000 Tahun SM. Migrasi masyarakat awal Lore dan Kebudayaannya di Palu, kemungkinan sudah berasimilasi dengan manusia pertama di Sigi dan Palu. Lalu Kebudayaan Pemahat Batu dari Lemba Lore bermigrasi.

$ads={1}

Teori Migrasi penduduk Sulawesi yang sudah diakui ilmuan umumnya dari utara pulau Sulawesi, teori kedua adalah dari barat yaitu Kalimantan ke bagian selatan Sulawesi atau bagian tengah, menyebar ke seluruh pulau Sulawesi. Melihat makam usia 3000 tahun di Dumoga memberi tanda adanya peradapan yang sama dengan yang di Toraja. Kemungkinan kedatangan migrasi dari Pilipina sangat besar sebab adanya budaya makam tebing yang sama juga di Pilipina. Maka jika dari utara Pilipina akan turun lalu utara pulau Sulawesi atau ke sulu turun ke Kalimantan lalu ke Sulawesi. 


Ribuan Waruga tersebar di MInahasa SULUT menandakan adanya budaya masa lalu, dalam hikayat di katakan leluhur MInahasa menyebar ke berbagai penjuru menyeberang lautan, maka kemungkinan keturunan ini dengan berbagai suku di Sulawesi. 


Penyebaran dari Sulawesi Utara dan dari Sulawesi Barat/Tengah merupakan 2 teori migrasi penduduk Sulawesi kata David DS Lumoindong. 


Para ahli arkeologi memeriksa banyak peninggalan usia lebih dari 2 ribu tahun sampai 5 ribu tahun. 


Penemuan tulang2 di Goa di pulau Utara Sulawesi (Sangihe Talaud) juga berbagai ukiran lukisan Goa di Sulawesi menandakan adanya manusia jaman kuno Sulawesi. 

$ads={2}

Situs2 Megalitikum, Neolithikum


Lemba Lore  (SULTENG) Tumaluntung, Dumoga (SULUT), Toraja SULSEL


Berikut Foto-fotonya :












Oleh : David DS Lumoindong


Demikian Artikel " Migrasi Dan Peradaban Kuno Sulawesi 5000 Tahun Yang Lalu "


Semoga Informasi ini bermanfaat


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi - 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close