Sejarah Bisnis E-Commerce Yang Sudah Ada Dari Tahun 1982

SEJARAH BISNIS E-COMMERCE YANG SUDAH ADA DARI TAHUN 1982


FORDIASI.COM | ARTIKEL - Michael Aldrich memulai sebuah konsep penjualan secara online, dimana ia menghubungkan pesawat televisi domestik dengan saluran telepon untuk sistem belanja onlinenya.


Konsep penjualan ini pun sangat popular pada tahun 1980-an hingga 1990-an, sebelum popularitas internet mulai melejit. 


TAHUN 1982


Siapa e-commerce pertama di dunia? Amazon? bukan, Boston Computer Exchange lah yang menjadi e-commerce pertama di dunia.


Boston Computer Exchange adalah e-commerce yang dibuat khusus untuk orang-orang yang tertarik untuk melakukan jual beli komputer bekasnya. Boston Computer Exchange menjadi cikal bakal e-commerce melalui internet.

$ads={1}

TAHUN 1995


Di tahun ini, lahirlah sebagai salah satu pengecer online terbesar saat ini, yaitu Amazon. Namun lahirnya Amazon tidak semerta-merta langsung membawa keuntungan, Amazon berjalan tanpa menghasilkan keuntungan hingga tahun 2003.


Bahkan Amazon juga masih melewati masa-masa buruknya setelah itu, seperti saat nilai pesanan rata-ratanya pada tahun 2012 hanya sekitar US$ 47,31 saja.


TAHUN 1998


Sebelumnya e-commerce hanya melayani pembayaran melalui antar bank saja, hingga akhirnya lahir alat transaksi uang berbasis internet pertama, yaitu Paypal.


Awalnya PayPal tidak begitu dikenal oleh masyarakat, hingga akhirnya PayPal bergabung dengan perusahaan perbankan online milik Elon Musk pada tahun 2000 dan mulai mendapatkan popularitasnya.


TAHUN 2000


Ketika penjualan online mulai naik daun, maka sistem periklanan pun harus ikut mengikuti ranah online. Di tahun inilah Google mengenalkan Google Adwords, yaitu alat periklanan online untuk ditayangkan di penelusuran Google.


Google memulai ikan online ini dengan sistem pembayaran per klik ( PPC ) untuk setiap iklan yang ditayangkan dalam mesin pencariannya.


E-Commerce terus berkembang di dunia hingga detik ini, bahkan total situs e-commerce di dunia diperkirakan mencapai 12 hingga 14 juta situs.


Di Indonesia sendiri, situ e-commerce juga lumayan banyak, diantaranya adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Bhinekka, dll.

$ads={2}

Perkembangan E-Commerce di Indonesia cukup pesat. Bahkan karena adanya E-Commerce ini, banyak toko offline yang tutup karena kalah bersaing dari segi harga barang dan efisiensi berbelanja.


Source : Indozone, dll


Editor: Hendra, S


Demikian artikel " Sejarah Bisnis E-Commerce Yang Sudah Ada Dari Tahun 1982 "


Semoga informasi ini bermanfaat


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi - 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama