Kimono Vs Yukata Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaannya!

KIMONO VS YUKATA SERUPA TAPI TAK SAMA, INILAH PERBEDAANNYA!


FORDIASI.COM | INFORMASI - Apa kabar semua? Semoga baik selalu dan bagi kalian yang sedang berpuasa semoga baik selalu. Cukup lama sejak postingan terakhir saya. Seperti biasa, kalau saya tidak membahas tentang pemrograman atau sains pasti tentang anime. Walaupun sebenarnya saya akan lebih membahas tentang budaya Jepang.


Bagi kalian yang suka budaya Jepang, anime, drama Jepang, atau bahkan pernah pergi ke Jepang, pasti tahu kimono dan yukata. Kimono dan yukata merupakan pakaian tradisional dari negeri matahari terbit berbentuk T yang dikenakan dengan menggunakan ikat pinggang khusus yang kepopulerannya telah mendunia.


Kimono dan yukata sekilas memang terlihat mirip tetapi sebenarnya terdapat beberapa perbedaan. Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan ini. Yuk, disimak pembahasannya!


𝗕𝗲𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗞𝗲𝗿𝗮𝗵


Perbedaan pertama antara kimono dan yukata adalah pada bagian kerah. Kimono memiliki kerah lebar dan lembut, sedangkan yukata memiliki bentuk kerah tidak terlalu lebar dan lebih kaku karena bahannya.

$ads={1}

𝗣𝗮𝗻𝗷𝗮𝗻𝗴 𝗟𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻


Kimono memiliki panjang lengan yang bervariasi sesuai umur pengguna dan keseriusan acara yang akan dihadiri. Furisode adalah kimono dengan lengan terpanjang hingga menyentuh tanah, biasanya digunakan oleh wanita yang belum menikah. Sedangkan untuk yukata selalu memiliki panjang lengan yang tidak lebih dari 50 cm.


𝗕𝗮𝗵𝗮𝗻


Kimono dibuat memiliki motif yang memberikan kesan yang mewah. Tentunya bahan pembuatannya juga bisa dibilang mewah yaitu sutra atau borcade.


Yukata biasanya digunakan setelah keluar dari pemandian. Karena penggunaannya ini yukata biasanya terbuat dari bahan katun atau poliester yang lebih terjangkau.


Pada zaman sekarang, baik kimono maupun yukata bisa ditemui dengan bahan katun, poliester dan sutra. Ini dilakukan untuk tujuan komersil.


𝗟𝗮𝗽𝗶𝘀𝗮𝗻

$ads={2}

Perbedaan lain antara kimono dan yukata adalah penggunaan lapisan lining. Kimono menggunakan lapisan lining dibawah sutra tebal bermotif sedangkan yukata tidak.


𝗠𝘂𝘀𝗶𝗺


Cara termudah untuk tahu pakaian yang sedang dipakai orang jepang, apakah kimono atau yukata, adalah dari musim saat itu. Kimono biasanya digunakan pada musim dingin karena bahannya yang tebal dan hangat serta berlapis. Yukata biasanya digunakan pada musim panas karena bahannya yang tipis, ringan, tidak berlapis, dan lebih sejuk.


𝗔𝗰𝗮𝗿𝗮


Kimono biasanya digunakan pada acara-acara resmi atau serius seperti pernikahan, berdoa di kuil saat tahun baru dan acara-acara resmi lainnya. Yukata digunakan untuk menghadiri acara-acara santai seperti festival kembang api atau festival-festival lain, adegan ini bisa kita temukan di berbagai anime dan drama Jepang.


𝗔𝘁𝘂𝗿𝗮𝗻 𝗽𝗮𝘀𝘁𝗶 𝗽𝗲𝗺𝗮𝗸𝗮𝗶𝗮𝗻 𝗸𝗶𝗺𝗼𝗻𝗼 𝗱𝗮𝗻 𝘆𝘂𝗸𝗮𝘁𝗮


Bagi orang Jepang, terlepas dari perbedaan keduanya, kimono dan yukata memiliki aturan pemakaian yang harus ditepati. Aturan itu adalah mengenakan sisi kiri di atas sisi kanan. Mengenakannya dengan cara sebaliknya dianggap sangat tidak sopan dalam budaya Jepang, karena mereka yang sudah meninggal menggunakan sisi kanan di atas kiri.


Cukup sekian pembahasan kita tentang kimono dan yukata kali ini. Sampai jumpa di postingan lainnya.


Sumber : Ksatria, Moderator Grup Facebook Ruang Pengetahuan


Demikian artikel mengenai " Kimono Vs Yukata Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaannya! "


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close