DialoguePirelli Memasang Sensor Nirkabel di Ban Barunya McLaren Artura

DIALOGUEPIRELLI MEMASANG SENSOR SENSOR NIRKABEL DI BAN BARUNYA MCLAREN ARTURA


FORDIASI.COM | OTOMOTIF - Saat McLaren Artura mengaspal pada akhir tahun ini, ia akan melakukannya dengan mengendarai "Cyber ​​Tyres" pertama di dunia. Dibuat oleh Pirelli, ban ini menampilkan evolusi dari sistem pemantauan tekanan ban (TPMS) yang sekarang dipasang pada mobil baru. Biasanya, sensor-sensor itu ada di roda mobil, tapi Pirelli telah menanamkannya di konstruksi ban, di mana mereka mengukur tekanan, suhu, dan akselerasi.


Cuplikan kecil informasi dari konferensi pers Artura itu membuat saya tertarik, jika sedikit skeptis. Jadi saya menghubungi Pirelli untuk melihat apakah itu bisa meyakinkan saya bahwa ban pintar adalah ide yang bagus.


“Sekarang kami memiliki teknologi untuk memasang sensor di dalam ban di tingkat industri dan, yang terpenting, mengintegrasikan sensor ke dalam mobil itu sendiri,” kata Piero Misani, Senior VP of R&D Pirelli. 

“Anda bisa memasang sensor, Anda bisa memasang aplikasi [ditautkan ke ban], tapi ini bukan dialog antara ban dan mobil. Itu adalah sistem yang berdiri sendiri. Dengan McLaren Artura, kami percaya bahwa kami akan menjadi yang pertama untuk sepenuhnya mengintegrasikan sensor di ban dengan elektronik mobil."

Idenya berawal beberapa t

ahun ketika Pirelli memikirkan cara untuk meningkatkan pemantauan tekanan ban. “Mereka mengambil pilihan yang cukup ambisius untuk memasang sensor di ban karena di sinilah Anda mendapatkan sebagian besar informasi. Jika Anda ingin benar-benar mengekstrak informasi dari trek, satu-satunya titik yang benar-benar menyentuh adalah area patch [kontak]. ," kata Corrado Rocca, kepala R&D Pirelli.

$ads={1}

Rocca dan Misani melihat potensi ban untuk bertindak sebagai platform sensor terdistribusi lainnya, data crowdsourcing tentang kondisi jalan ke mobil lain dan ke lapisan infrastruktur terhubung yang menurut kami berada di luar cakrawala. Pada CES baru-baru ini, Pirelli mendemonstrasikan ide ini dengan Cyber ​​Tire yang dapat memperingatkan pengguna jalan lain jika mengalami hydroplaning, misalnya. Namun ternyata Cyber ​​Tire mungkin memiliki manfaat praktis saat ini.


“Untuk pertama kalinya, mobil mengetahui ban mana yang dipasang, artinya ini berlaku untuk semua sistem elektronik di dalam mobil,” jelas Rocca.


Saat ini, TPMS mobil dapat mengetahui apakah tekanan dan suhu berada dalam jendela optimal, tetapi mobil tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah itu dilengkapi dengan (misalnya) ban musim panas versus ban musim dingin. Sebuah mobil yang tahu pasti ban apa yang dipasangnya bisa memiliki pemetaan yang sangat berbeda untuk beberapa subsistemnya tergantung pada ban apa itu.


Misani menawarkan contoh rem anti-lock. Pengereman ABS tidak hanya terkait dengan cengkeraman ban itu sendiri, tetapi juga terkait dengan respons dinamis ban karena penyetelan ABS terkait dengan kekakuan ban dalam mode torsi, misalnya, dan a pola tapak musim dingin dan ban musim dingin jelas berbeda dengan musim panas hari ini," kata Misani kepada saya. Iterasi masa depan dari Cyber ​​Tire juga dapat memodifikasi ABS atau peta kontrol traksi berdasarkan tingkat keausan ban, meskipun Misani mengatakan bahwa itu masih dalam proses.


Seperti yang Anda duga, ban berkomunikasi dengan sisa Artura melalui Bluetooth Low Energy. Dan konsumsi energi yang rendah jelas menjadi prioritas Pirelli. Akhirnya, ban mungkin dapat memberi daya sendiri, mengubah beberapa energi kinetik menjadi listrik dengan setiap putaran roda. Untuk saat ini, sensor bertenaga baterai dan beratnya sekitar 10 g (0,3 oz).


"Dan ini merupakan tantangan yang cukup besar, karena, Anda tahu, Artura adalah mobil dengan kecepatan 330 km/jam [205 mph], yang berarti bahwa gaya sentripetal—setiap kali Anda melakukan satu putaran, Anda memiliki kejutan lebih dari 3.500 Gs. sensor, ke baterai," kata Rocco. "Kami sangat hati-hati mengukur konsumsi daya untuk digunakan hanya saat dibutuhkan. Misalnya saat Anda mengirim, Anda menyalakan radio; saat Anda memperolehnya, Anda mematikan radio dan hanya menggunakan bagian lain dari sirkuit."

$ads={2}

Daya tahan baterai dioptimalkan untuk ban tertentu—ban performa yang dipasang pada supercar seperti Artura akan memiliki masa pakai yang lebih pendek daripada ban semua musim yang dipasang pada sedan keluarga.


Di akhir masa pakai, tidak ada daur ulang khusus dari sensor; mereka mengalami nasib yang sama dengan ban lainnya, apakah itu kencan dengan chipper, pensiun sebagai bagian dari penghalang ban di trek balap, atau bahkan mungkin dimasukkan ke dalam Earthship.


(arstechnica/fordiasi.com)


Semoga artikel ini bermanfaat


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close