Mengenal Binturung (Artictis Binturong) Dari Klasifikasi, Makanan, Habitat dan Informasi Lainnya

MENGENAL BINTURUNG (ARCTICTIS BINTURONG) DARI KLASIFIKASI, MAKANAN, HABITAT DAN INFORMASI LAINNYA


FORDIASI.COM | FAUNA - Binturung atau binturong merupakan jenis hewan yang mungkin jarang sekali kita temui. Hewan ini hanya ada berada di habitat tertentu. Apalagi hewan ini terancam punah sebab adanya pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit, ilegal loging & pemburuan buas kepada binturung.


Berikut kami berikan informasi mengenai Binturung/binturong :


Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Animalia

Kelas : Mammalia

Ordo : Carnivora

Filum : Chordata

Famili : Viverridae

Genus : Arctictis

$ads={1}

Identifikasi

Binturung merupakan binatang sejenis dengan musang tapi binturung mempunyai badan yg besar, ekor yg panjang serta bulu yg rimbun. uniknya ekor mereka dpt disebut kaki kelima mereka. Pasalnya ekor mereka yang panjang serta kokoh itu bisa merekan gunakan buat bergelantungan dikala posisi diatas pohon. Binturung mempunyai panjang badan 70- 85 centimeter tanpa termasuk ekor mereka. Sedangkan panjang ekor mereka dapat menggapai 70 centimeter. Buat berat badan Binturung dewasa dapat menggapai 32 kilogram. Binturung mempunyai bulu bercorak gelap serta ada taburan uban berwarna putih pd bulu mereka. Binatang ini mempunyai bulu yg panjang pada ujung kuping & kumis yg panjang. Binturung pula dikenal sebagai binatang yg aktif pada malam hari. Sebaliknya pada siang hari mereka habiskan buat tidur serta berada didalam sarang.


Makanan

Binturung merupakan salah satu binatang omnivora, ia memakan buah-buahan dan juga daging. Namun utk makanan pokoknya adalah buah-buahan. Mereka menyantap buah apa saja yg terdapat didalam hutan semacam buah ara. tidak cuma buah- buahan mereka pula menyantap biji- bijian, pucuk daun- daunan serta jua binatang- binatang kecil semacam burung, tikus & juga ikan.


Habitat & Persebaran

Binatang ini hidup di hutan primer dan sekunder. Mereka jua kerap di temui di kaki perbukitan, di pegunungan, dan terkadang mereka pula kerap di jumpai di pinggiran perkebunan. Persebaran binatang ini mencakup Asia Timur sepeti dataran tinggi China, Asia Selatan( Bangladesh, india, Bhutan, Nepal) serta asia tengga seperti( Indonesia, Malaysia, Myanmar, Fhilipin, Thailand dan Brunai). Sedangkan di Indonesia meraka bisa ditemui di jawa, sumatra dan Kalimantan.


Perkembangbiakan

Pada biasanya binatang ini tidak mempunyai masa kawin. Mereka mempunyai masa kawin sepanjang tahun. Sehabis melaksanakan perkawinan Binturung betina akan memiliki bayinya kurang lebih 90 hari. Binturung bisa melahirkan bayinya sejumlah 2- 6 ekor. Bayi yg baru lahir bakal bersembunyi di dekapan ibunya selama beberapa hari. Binturung Betina bakal mengurus anaknya sampai mandiri, tetapi walaupun anaknya telah mandiri ibunya akan selalu mengikuti anaknya.


Status Konservasi & Ancaman

Dalam status konservasi binturung termasuk dalam golongan rentan( menurun). Perihal ini disebabkan habitat binturung telah terancam oleh adanya pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit, ilegal loging & pemburuan buas kepada binturung. Binturung tercantum salah satu binatang yang di lindungi di indonesia. Buat upaya perlindungan & penguatan hukum pemerintah menerapkan peraturan lewat Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan RI No. 106 atau MENLHK/ SEKJEN/ KUM/ 2018.

$ads={2}

(mediakuaja.blogspot.com/fordiasi.com)


Demikian artikel mengenai " Mengenal Binturung (Artictis Binturong) Dari Klasifikasi, Makanan, Habitat dan Informasi Lainnya  "


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama