4 Proses Perubahan Budaya Di Era Globalisasi

4 PROSES PERUBAHAN BUDAYA DI ERA GLOBALISASI


Ada 4 (empat)  proses perubahan budaya diera globalisasi:


- homogenisasi. Perlahan namun pasti terbentuk sebuah budaya global. 

- de-tradisionalisasi

- privatisasi,  dan

- de-institusionalisasi. 


Yang paling terdampak tentu saja institusi agama. Dimasa lampau, institusi agama dinaungi kekuasaan,  ada mufti di samping raja. Di masa modern,  institusi agama lepas dari kekuasaan dan menjadi organisasi sosial. Di masa global,  agama pindah ke ruang² media sosial yang diakses secara privat. 

$ads={1}

Pandemi saat ini menjadi bukti. Organisasi² agama tidak lagi menjadi rujukan termasuk anggotanya. Organisasi yang secara resmi mengikuti pemerintah,  namun mesjid²nya sholat tanpa jarak,  imam dan makmumnya tak bermasker. Ini terjadi di semua organisasi agama.


Tidak ada yang salah. Jangankan organisasi agama,   negara saja mengalami krisis otoritas scr signifikan. Mesin² informasi bekerja dan saling bertarung, berdesakan memenuhi kanal² informasi. Lapisan bawah hingga atas, awam hingga cendekia, semua terhubung ke kanal² informasi tsb.


Jadi,  kisruh pendapat soal Corona itu bkn sekedar mana yang ilmiah mana yang bukan, bukan soal ikut ustadz yang mana. Ada fenomena de-institusionalisasi atau de-sakralisasi otoritas. Pilihannya terpulang pada akun medsos atau channel yutub mana yang anda follow atau subscribe. Sesederhana itu...


Oleh: Ibnu Rajab

$ads={2}

Demikian informasi " 4 Proses Perubahan Budaya Di Era Globalisasi "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close