8 Tips Pengelolaan Manajemen Keuangan Pribadi Agar Lebih Efektif

TIPS PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI AGAR LEBIH EFEKTIF 


FORDIASI.COM | INFORMASI - Mengelola keuangan memang tidak mudah, apalagi jika jumlah uangnya terbatas, dan apalagi di tengah pandemi...


Ada lima tips dari wagely (dan tiga tips tambahan dari saya 😁), demi lebih optimalnya pengelolaan keuangan pribadi:


1. Susun Rencana Anggaran


Tidak harus sangat terperinci, bisa berupa garis besar pos keluar-masuk dana. Terpenting adalah kedisiplinan kita untuk menaati pos & batas anggaran yang telah kita tetapkan.


2. Catat Transaksi


Perencanaan anggaran akan tidak efektif tanpa disiplin pencatatan transaksi. Tidak semua transaksi tunai dapat tercatat di mutasi rekening. Tersedia banyak pilihan apps ponsel untuk pencatatan transaksi.


3. Cadangkan Anggaran Darurat

$ads={1}

Suka tidak suka, betapa pun sulitnya, pencadangan dana darurat harus kita tekadkan lakukan secara konsisten, seberapa pun besarannya.


4. Bangunlah Literasi Finansial


Kecerdasan & literasi finansial adalah pengetahuan vital yg harus kita kejar secara mandiri, dari berbagai sumber & mentor, karena tidak diajarkan di sekolah. Materi tentang kecerdasan & literasi finansial telah tersedia berlimpah di jagat Internet & dunia nyata, tinggal kita pilih sesuai selera, kebutuhan, dan anggaran.


5. Hilangkan Kebiasaan Buruk


Butuh kemauan yg kuat untuk mengaudit berbagai pemborosan yg bertentangan dengan pencapaian kesehatan kondisi keuangan. Jika kita dapat disiplinkan diri untuk menghilangkan pos-pos biaya tidak penting itu, sangat terbuka kemungkinan kita dapat lebih cepat keluar dari sengkarut finansial.


6. Hindari Hutang Jangka Panjang


Di tengah situasi ekonomi yg tidak menentu, sangat tidak dianjurkan untuk berurusan dengan hutang besar berjangka panjang. Tidak pernah ada jaminan stabilitas karir & penghasilan kita.


Lebih masuk akal sementara mengontrak rumah, daripada terjerat cicilan besar selama belasan / puluhan tahun.


Tidak punya mobil pribadi? Ada transportasi online atau rental. Kecuali yang setiap hari kita gunakan & hemat biaya, misalnya sepeda motor, layak kita miliki secara pribadi.

$ads={2}

Sebisa mungkin kontan, tidak perlu kredit jika tidak terpaksa. Uang tidak cukup? Pertimbangkan membeli bekas, yg penting tidak ada tanggungan cicilan bulanan.


Pandemi ini butuh imun tubuh yg baik, dan itu berawal dari kedamaian pikiran. Tidak perlu terus-menerus “memberi makan” gengsi, namun pada akhirnya kita & keluarga yg menjadi korban gengsi itu.


7. Bangun Penghasilan Tambahan


Menghemat ada batasnya, namun penghasilan tambahan nyaris tidak ada batasnya. Pelajari & mahirkan keahlian yg dapat kita jual. Optimalkanlah teknologi, media sosial, dan jejaring pertemanan.


8. Anggarkan Dana Amal


Sesulit apa pun kondisi keuangan, kita dapat selalu berbagi pada sesama...


Tidak memungkinkan berbagi secara finansial? Kita tetap dapat berbagi energi positif, waktu luang, pengetahuan, dan keahlian kita untuk menolong sesama.


Oleh : Peter Febian


Demikian informasi " 8 Tips Pengelolaan Manajemen Keuangan Pribadi Agar Lebih Efektif "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama