Fase Pertumbuhan di Bidang Human Resources (HR)

FASE PERTUMBUHAN DI BIDANG HUMAN RESOURCES (HR)


FORDIASI | DUNIA KERJA - Setiap bidang bisnis mengalami fase pertumbuhannya masing-masing, termasuk bidang Human Resources (HR) yang memiliki empat spektrum pertumbuhan, yaitu:


1. HR Administratif

2. HR Operasional

3. HR Strategis

4. HR sebagai Partner Bisnis Strategis, akrab disebut HRBP (HR Business Partner)


Saat ini dan ke depannya, peran HR, khususnya HR internal perusahaan, harus bertransformasi menuju prioritas pada dampak bisnis yang signifikan & kualitatif...

$ads={1}

...dimulai dengan melepas & menyerahkan fungsi HR Administratif dan HR Operasional yang selama ini melekat pada departemen HR internal, kepada perusahaan spesialis lain beserta teknologi yang lebih efektif, lebih efisien, dan lebih hemat dalam melakukannya.


Langkah selanjutnya, HR internal akan diinduksi berbagai proses transisi dan penambahan kapasitas untuk menuju karakter HR Strategis dan HR Business Partner, demi fungsi HR di masa depan yang dapat secara langsung berdampak besar bagi proses bisnis perusahaan secara keseluruhan.


Pernahkah merasakan departemen HR sebagai polisi & mata-mata bagi karyawan? Merasa tidak nyaman ketika berada di kantor atau ketika menghadap HR? Kapasitas & kapabilitas para karyawan tidak berkembang? Itu tandanya fungsi HR perusahaan tersebut masih ada di spektrum HR Administratif.


Jika kita bekerja di perusahaan yang departemen HR-nya terasa menyenangkan sebagai partner kerja, memiliki wawasan luas di luar bidang HR, fokus pada pengembangan kapasitas para karyawannya, dan dapat secara tajam ikut menelurkan keputusan strategis bagi departemen lain atau pimpinan perusahaan... itulah pertanda fungsi HR yang sudah matang di spektrum tertinggi sebagai Strategic Business Partner dan Value Creator.

$ads={2}

Faktanya, berdasarkan riset kredibel, karyawan yang memiliki keterikatan batin dan keterlibatan tinggi dengan seluruh proses bisnis perusahaan (Employee Engagement), terbukti memberikan dampak finansial & dampak bisnis bagi perusahaan secara signifikan.


Hanya spektrum fungsi HR Strategis & HR Business Partner sajalah yang memungkinkan para karyawan konsisten produktif di atas fondasi kesadaran, sukacita ketika bekerja, dan bersedia berkembang bersama perusahaan; tanpa harus banyak diancam & diawasi.


Oleh : Peter Febian


Demikian artikel " Fase Pertumbuhan di Bidang Human Resources (HR) "


Semoga bermanfaat


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama