5 Kriteria Supplier yang wajib kamu Ketahui untuk Usahamu


FORDIASI.COM | BISNIS - Selain customer, pihak lain yang juga berperan dalam mendukung berjalannya bisnis Anda yakni pemasok atau supplier. Pihak ini bertanggung jawab atas berbagai kebutuhan bisnis Anda, mulai dari bahan baku dan peralatan hingga peralatan yang Anda butuhkan untuk menjalankan operasional bisnis Anda.


Bisnis yang baik, dengan konsep yang baik, tidak akan lengkap tanpa supplier yang baik. Maka kali ini, Anda akan belajar sedikit tentang cara mendapatkan supplier yang pas dan tepat untuk bisnis Anda.


1. Kapasitas produksi


Kapasitas produksi pemasok tidak mudah untuk diketahui dan dievaluasi. Namun, ada beberapa cara untuk mengetahui kemampuan produksi calon pemasok pilihan Anda: Anda dapat mengunjungi lokasi pemasok secara langsung atau meminta sampel produk. Cara pertama memudahkan Anda untuk melihat secara langsung bagaimana sistem berada di lokasi penyedia, meskipun sedikit mahal. Sementara itu, metode kedua menghemat banyak waktu dan uang. Anda juga bisa menilai kualitas produk milik vendor dari sampel yang disediakan.

$ads={1}

2. Garansi


Garansi disini artinya jika supplier dapat memberikan garansi dan bertanggung jawab atas setiap produk yang tidak baik atau rusak. Pemasok yang baik tidak akan mengabaikan tanggung jawab mereka atas produk buruk mereka, tetapi akan memeriksa produk pabrikan atau memeriksa sistem produksi mereka jika mereka memproduksi secara mandiri. Ketika pemasok memiliki keinginan dan dapat memberikan jaminan dan tanggung jawab atas produk yang rusak atau cacat, maka pemasok tersebut layak mendapatkan kepercayaan Anda.


3. Komunikasi


Provider yang baik adalah provider yang jelas dan transparan dalam berkomunikasi dengan mitranya. Mereka memberikan informasi yang terbuka dan lengkap tentang setiap produk yang mereka tawarkan, baik dari segi harga, spesifikasi, dan kebijakan kerjasama yang mereka miliki, seperti kebijakan pengembalian dan pembayaran. Jangan sampai Anda memilih provider yang kebijakan pengembaliannya malah tidak jelas. Pastikan mereka memiliki keterampilan komunikasi yang jujur ​​dan terbuka sehingga Anda dapat dengan mudah mendiskusikan berbagai aspek dan kebutuhan.


4. Taat hukum


Sekarang. Jangan sampai Anda mendapatkan supplier dengan 3 kriteria di atas, namun ternyata produk atau perusahaan tersebut tidak memenuhi persyaratan undang-undang. Tentu saja ini berbahaya bagi Anda! Carilah vendor yang produknya memenuhi berbagai persyaratan hukum yang berlaku, baik itu undang-undang yang berkaitan dengan keselamatan pelanggan, lingkungan, atau standar produk yang telah ditetapkan oleh institusi tertentu. Jika Anda mematuhi hukum, semuanya akan lebih tenang.

$ads={2}

Itulah beberapa kriteria penting yang harus ada dalam daftar periksa Anda saat mencari pemasok. Ketika Anda telah memilih pemasok yang tepat, jangan lupa untuk memilih juga aplikasi manajemen gudang yang tepat, agar operasionalmu berjalan dengan lancar.


Semoga bermanfaat...


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama