6 Tips Mencegah Virus Masuk ke dalam Laptop atau Komputer


6 TIPS MENCEGAH VIRUS MASUK KE DALAM LAPTOP ATAU KOMPUTER


FORDIASI.COM | TEKNOLOGI - Virus komputer merupakan perkara yang paling ditakuti dan menakutkan bagi seluruh pengguna laptop dan komputer. Virus komputer merupakan program komputer yang bekerja dengan menyalin dirinya sendiri dan kemudian menyebar dengan menyisipkan salinan dirinya melalui program dan dokumen.


Biasanya, virus komputer dibuat oleh seorang programmer, lalu ia menyisipkan virus tersebut melalui file-file yang di upload melalui website dalam bentuk "film, aplikasi, musik dan lain sebagainya" agar orang lain dapat mendownload, dan secara tidak langsung mentransfer virusnya ke komputer si user tersebut. Jika data yang kita miliki ternyata rusak akibat virus, maka jalan satu-satunya kita harus menghubungi si pemilik virus tersebut agar diberikan anti virusnya, tentu dengan biaya yang tidak sedikit.


Virus komputer bekerja secara destruktif (misalnya dengan merusak data yg terdapat dalam dokumen), yang membuat semua pengguna laptop atau komputer sangat jengkel dan kesal. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu bahkan dapat merusak komputer kita.


suka atau tidak suka, virus di komputer Anda harus segera dibersihkan dan dicegah masuk kembali ke komputer atau laptop Anda. Namun, mencegah virus masuk ke komputer atau laptop bukanlah hal yang mudah. Setidaknya kita harus mengetahui hal-hal apa saja yang harus dihindari agar komputer atau laptop kita terhindar dari virus komputer.


Di atas, perlu diingat bahwa beberapa virus sangat mematikan dan sudah dikenal luas, seperti Worm, Polymorphic, Trojan, Rootkit, Backdoor, Rogue, Spyware, dan lain-lain. Jenis ini sangat berbahaya untuk laptop dan komputer dan virus ini juga sangat rentan dengan mudah masuk ke laptop dan komputer. Oleh karena itu, kita harus segera mencegah virus masuk ke komputer atau laptop kita.


Untuk mendapatkan kondisi komputer atau laptop yang prima dan optimal, komputer kita harus benar-benar bebas dari berbagai jenis virus. Untuk mencegah virus masuk ke komputer atau laptop kita, kita bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:


Lakukan 6 Tips ini agar laptop dan komputermu terhindar dari Virus


1. Hati-hati saat memasukkan flash disk dan kartu memori


Flash disk dan kartu memori adalah media penyimpanan yang paling rentan terhadap virus. Hal yang perlu diperhatikan saat memasukkan flashdisk atau memory card. sebagian orang kerap kali mencolok flashdisk ke laptop ataupun komputer langsung membuka file-file yang ada di dalamnya, tanpa ada meng-scan antivirus terlebih dahulu. apalagi jika flashdisk tersebut usai digunakan di warnet. maka yang akan terjadi pada komputer tersebut adalah "terkena virus". Oleh sebab itu gunanya anti virus yaitu untuk men-scan virus yang ada pada flashdisk hingga tuntas. Lebih baik lagi, jika kita menggunakan antivirus terbaik atau yang berbayar.

$ads={1}


Di flashdisk ini biasanya ada virus shortcut dan eksekusi otomatis. Virus shortcut umumnya merusak file dan dokumen sehingga file dan dokumen tersebut tidak dapat dieksekusi, sedangkan virus autorun adalah virus yang selalu menggandakan file dan dokumen, tetapi dokumen dan file yang digandakan oleh virus ini tidak akan dapat dieksekusi untuk dibuka. Kedua virus ini sangat memberontak karena sangat sulit untuk dihilangkan, untuk menghilangkannya diperlukan antivirus terbaik seperti Avira atau AVG.


2. Berhenti mengunduh perangkat lunak atau aplikasi dari situs yang tidak dikenal

Jika kita akan mendownload file atau software, usahakan kita mendownload dari situs yang benar-benar terpercaya dan aman, bahkan lebih baik mendownload aplikasinya langsung dari sumber atau situs resminya. Dari beberapa pengguna laptop atau komputer yang sangat beresiko dan rentan terhadap virus yaitu komputer dan laptop yang sangat sering mengakses internet. Seringkali ada virus yang sangat membandel seperti malware, worm, dan Trojan di Internet. Mereka menyebar dan masuk melalui Internet.


3. Uji proses pemindaian secara teratur


Untuk mencegah virus masuk ke komputer, lakukan proses pemindaian secara rutin minimal seminggu sekali agar komputer lebih aman. Karena jika kita jarang scan, kita tidak akan tahu ada virusnya atau tidak, yang membuat virus bertahan lebih lama di komputer dan terus menyebar dan merusak file berharga kita.


Jangan karena kita telah menggunakan anti virus, lalu kita tidak pernah menscannya sama sekali. Padahal kita sendiri rutin mengoperasikan laptop/komputer, apalagi jika terkoneksi dengan jaringan internet. tidak menutup kemungkinan akan ada virus yang akan masuk ke dalam komputer kita. apalagi adanya download suatu file yang kita inginkan. 


4. Cegah virus memasuki komputer dengan pembaruan program antivirus


Agar antivirus yang kita miliki lebih kebal dan memiliki fungsi aktif untuk mencegah masuknya virus, usahakan selalu update antivirus yang kita miliki. Dengan antivirus paling up-to-date yang kita miliki, maka menjadi salah satu solusi terbaik untuk mencegah virus masuk ke komputer.

$ads={2}


Kegunaan dari firewall sendiri adalah untuk mencegah masuknya virus agar tidak masuk ke komputer kita. Firewall juga dapat digunakan sebagai penghalang untuk memblokir masuknya hacker atau malware. Bahkan lebih baik dari firewall ini adalah selalu melindungi komputer kita saat kita mengunduh atau berselancar. Jika Anda merasakan sesuatu yang mencurigakan, firewall ini akan mulai bekerja memblokirnya.


5. Jangan terlalu banyak antivirus


Cara terakhir untuk mencegah virus masuk ke komputer atau laptop adalah dengan membatasi antivirus itu sendiri. Hal ini sering dilakukan oleh pengguna komputer jika terlalu banyak antivirus dalam satu kompter. Dengan bertambahnya jumlah antivirus, ini bukan tentang menghapus virus, melainkan saling menyerang, menyebabkan file antivirus rusak dan tidak dapat dibuka kembali.


6. Pastikan Firewall dalam Keadaan Aktif


Jika misalnya kita menggunakan dua antivirus lalu ada virus yang masuk, antivirus pertama akan menghapus virus dan mengkarantinanya, kemudian antivirus kedua masih bisa membaca virus sebelum kita keluarkan dari karantina sampai akhirnya antivirus kedua akan paksa itu. virus yang sudah masuk karantina harus dipaksa. menyerang antivirus pertama. Cobalah untuk memilih salah satu antivirus terbaik yang benar-benar kuat, Anda tidak perlu menggunakan banyak antivirus.


Penutupan


Itulah 6 Tips Mencegah Virus Masuk ke dalam Laptop atau Komputer anda. Dengan kamu menerapkan langkah-langkah ini, laptop atau komputer Anda akan lebih aman dan tahan lama, serta folder dan file berharga Anda aman dari virus yang menyerang dan merusak file.


Semoga informasi ini bermanfaat


Sumber: https://ideavone.com/


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama