6 Tokoh Nasional yang tidak Berpendidikan Tinggi

6 TOKOH NASIONAL YANG TIDAK BERPENDIDIKAN TINGGI


FORDIASI.COM | INFORMASI - Indikator bahwa seseorang itu berpendidikan atau tidak, bukanlah kuliah atau sekolah hingga jenjang S-3. Indikatornya adalah tingkat literasi. Banyak tokoh yang diketahui tidak mengenyam pendidikan tinggi, namun karena tingkat literasinya tinggi, mereka disebut sebagai orang yang berpendidikan. Dapat disebut di sini:


1. Haji Agus Salim, yang tidak pernah mengenyam pendidikan setingkat SMA dan perguruan tinggi;


2. Haji Adam Malik, yang hanya lulusan SMP tapi mempunyai kemampuan jurnalistik yang luar biasa;


3. KH. Abdul Wachid Hasyim yang tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi, namun mempunyai kemampuan diplomasi tingkat tinggi dan kemampuan berbahasa asing selain bahasa Arab, yaitu bahasa Belanda dan bahasa Inggris;

$ads={1}

4. KH. A. Sahal Mahfudz, yang tidak pernah mengenyam pendidikan sekolah umum dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, namun melalui karyanya Fiqih Sosial dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa;


5. K.H. Maimun Zubair, yang tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi, namun dikenal pakar di bidang fiqih dan juga dikenal sebagai negarawan. 


6. Buya Hamka, yang tidak pernah melanjutkan studi di perguruan tinggi namun mampu menulis kitab tafsir al-Azhar;


Dan masih banyak tokoh nasional yang mempunyai gagasan-gagasan hebat, dan diketahui tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi. 


Intinya adalah literasi. Tingkat literasi atau keinginan yang kuat untuk memahami ilmu, yang menghantarkan mereka menjadi orang-orang terdidik. Saya mempunyai seorang guru filsafat yang tidak pernah kuliah filsafat, bahkan tidak pernah kuliah di perguruan tinggi. Namun, keinginannya yang kuat untuk mempelajari filsafat, menghantarkannya memiliki pengetahuan yang setara dengan para dosen filsafat. 

$ads={2}

Indikator lain dari orang yang terdidik adalah cara yang digunakan di dalam menyampaikan pemikiran. Orang yang terdidik tidak akan terfokus kepada pertanyaan siapa yang harus disalahkan. Namun orang yang terdidik akan menekankan kepada  pertanyaan apa yang menjadi sebab masalah dan bagaimana menyelesaikannya.


Oleh: KH.DR. Abdi Kurnia Djohan


Demikian informasi " 6 Tokoh Nasional yang tidak Berpendidikan Tinggi "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama