8 Aplikasi Malware di Playstore yang dapat Mengambil Data dan Uangmu


FORDIASI.COM | INFORMASI - Virus Joker sendiri, jika masuk ke sistem Android, akan "mencuri" data penting, apalagi jika pengguna Android menggunakan M-Banking, uang yang berada di m-banking akan dicuri oleh si pemilik virus ini.


Virus berbahaya ini sejauh ini terdeteksi di 8 aplikasi di Play Store yang telah ditransmisikan oleh Google, kata polisi Belgia dikutip dari Times of India, Jumat (27/8/2021).


Virus Joker diketahui bekerja secara sembunyi-sembunyi dengan membuat ponsel berlangganan layanan premium atau berbayar tanpa persetujuan dan sepengetahuan korban, sehingga secara tidak sengaja uang kita akan ludes olehnya.


"Anda akan sangat terkejut melihat tagihan di rekening bank atau kartu kredit Anda pada akhir bulan," kata polisi Belgia.


Google segera bergerak cepat untuk menghapus aplikasi ini dari Play Store, setelah menerima beberapa laporan bahwa 8 aplikasi ini mengandung malware berbahaya. Namun ancaman virus Joker ini akan tetap ada jika aplikasi tersebut masih terpasang di Android, disarankan untuk segera menghapusnya.

$ads={1}

Di bawah ini adalah 8 aplikasi yang telah terdeteksi virus Joker yang diumumkan oleh Kepolisian Negara Belgia:


  • Auxiliary Message
  • Element Scanner
  • Fast Magic SMS
  • Free CamScanner
  • Go Messages
  • Super Message
  • Super SMS
  • Travel Wallpapers


Virus Joker adalah salah satu malware paling gigih yang menargetkan smartphone Android. Virus ini pertama kali terdeteksi pada tahun 2017 dan menyusup ke ribuan aplikasi di Play Store.


Menurut peneliti Quick Heal, virus Joker ini mencuri data penting pengguna termasuk SMS, daftar kontak, informasi perangkat, one-time password (OTP), dan lain-lain.


Kebanyakan orang indonesia, mereka menginstal aplikasi-aplikasi yang dapat memproses kinerja sistem pada smartphonenya, akhirnya ke-8 aplikasi diataspun di Instal, tanpa tidak mengetahui bagaimana dampak negatif yang akan terjadi pada database miliknya.

$ads={2}

Untuk sobat Fordiasi, sebelum menginstal aplikasi, budayakan mencari informasi di internet terlebih dahulu yah! agar aplikasi yang kamu Instal bukan aplikasi yang berisi malware/virus!


Semoga bermanfaat...


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close