Asal Usul Rendang, Makanan Khas Minangkabau

ASAL USUL RENDANG, MAKANAN KHAS MINANGKABAU


FORDIASI.COM | FOOD - Rendang atau kita sering mendengar  randang  adalah masakan daging yang berasal dari Minangkabau. Masakan  ini tentunya dihasilkan dari proses memasak memakai  suhu rendah dan  menggunakan aneka bumbu ,rempah-rempah juga  santan.


Proses memasaknyapun  memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam, bahkan lebih ) hingga yang tersisa hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak atau bumbu yang sangat kental. Di Masayarakat Minang itu sendiri sampai sekarang cara memasak rendang masih  menggunakan  cara tradisional, menggunakan kayu bakar. 


Karena selain enak dan Lezat hasilnya pun sangat bagus dan tahan lama .

$ads={1}

Dalam suhu ruangan tertentu, rendang juga dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Kita tau juga ada rendang yang waktu memasaknya tergolong singkat, kuahnya masih banyak ,itu biasa kita sebut calio .


Di Indonesia sendiri kita tau  ada banyak jenis dan cara memasak rendang itu sendiri .Itu semua  juga tergantung  dengan  selera masing-masing daerah.


Rendang itu sendiri adalah masakan khas dari Padang khususnya Minangkabau, dan sudah ada dari jaman dahulu kala . Dan menjadi makanan tradisi bagi masyarakat Minang itu sendiri bahkan di seluruh negeri. 


Seperti kita ketahui, orang padang yang mempunyai kebiasaan merantau, maka dari itu masakan Rendang ini sendiri  bisa kita jumpai di mana mana bahkan bisa kita jumpai di Negeri Jiran Malaysia dan Singapore. 


Sejarawan Universitas Andalas, Prof. Dr. Gusti Asnan menduga, rendang telah menjadi masakan yang tersebar luas sejak orang Minang mulai merantau dan berlayar ke Malaka untuk memulai abad ke-16.


Rendang itu sendiri Semakin tersohor  dan tersebar luas jauh melampaui wilayahya sendiri  berkat  kebudayaan merantau Minangkabau. Orang Minang yang pergi merantau selain bekerja sebagai pegawai atau berniaga, banyak di antara mereka berwirausaha membuka Rumah Makan Padang di seluruh Nusantara, bahkan meluas ke negara tetangga hingga Eropa dan Amerika.

$ads={2}

Dengan semakin meluasnya rumah makan ,rumah makan Padang  inilah yang memperkenalkan rendang serta hidangan Minangkabau lainnya secara meluas, dan terkenal dimana-mana. Ketenaran rendang itu sendiri hingga  membuat rendang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar 50 Makanan Terlezat Dunia (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International tahun 2011.


Kita sebagai orang Indonesia harus bangga dan harus terus melestarikan dan menjaga semua kebudayaan dan makanan anak negri tercinta ini .


Source : Febby Cooking Area / https://febbycookingarea05.blogspot.com/


Demikian informasi " Asal Usul Rendang, Makanan Khas Minangkabau "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama