Gohu Ikan atau Sashimi ala Ternate Maluku Utara

GOHU IKAN ATAU SASHIMI ALA TERNATE MALUKU UTARA


FORDIASI.COM | FOOD - Gohu Ikan adalah salah satu dari makanan khas Indonesia timur , yaitu Ternate dan Tidore Maluku utara. Bisa kita katakan Sashumi ala Ternate .


Di Negara Jepang ada Shushi , Peru ada Ceviche dam kalau  Indonesia sendiri namanya Gohu . 


Gohu ini sendiri adalah menu makanan ikan mentah segar yang di tambah dengan beberapa macam bumbu lainnya . Dan menurut cerita masyarakat Maluku Utara ,Gohu ini sendiri pertama kali di kenalkan oleh nelayan yang sedang melaut . Karena mereka berhari hari melaut dan terkadang bekal habis , jadi mereka memanfaatkan ikan tangkapan mereka ,dan ditambah bahan dan bumbu lainnya ,jadilah Gohu . 

$ads={1}

Arti dari kata Gohu itu sendiri adalah ,mengunyah sesuatu yang  mentah . Gohu ini berbahan ikan mentah Tuna atau Cakalang yang segar . 


Cara membuatnyapun tergolong midah dan sangat simple , daging ikan segar di filet kemudian di potong kotak kotak seperti dadu . Dan baru di campur dengan bumbu lainnya . 


Perlu diingat untuk membuat Gohu ini, sendiri ikan olahan yang di pakai harus  benar benar segar .  Dan untuk menghilangkan rasa bau amis dari ikan Cakalang atau Tuna tadi , dilumuri dengan lemon Cui dan garam . Kemudian masukkan irisan bawang merah ,cabe rawit , kenari , disiram dengan minyak kelapa goreng yang panas , terahir masukkan daun kemang. Dan Gohu siap untuk di santap . 


Cita rasa Gohu sangat tinggi , selain rasanya asam yang segar oleh perasan lemon cui , pedas , dan manis yang kita rasakan dari daging ikan itu sendiri . Kita bisa tau rasa ikan segar itu,  dari rasa manis yang ada di daging ikan . 


Dan karena itu Gohu ini adalah makanan yang sangat sehat  dan mempunyai nilai gizi yang tinggi ,  karena berbahan dasar alami . 

$ads={2}

Selain ikan Tuna dan Cakalang ikan Tengiri , Momar ,Silapa , Lalosi , Kawealinya juga bisa di gunakan sebagai bahan dasar Gohu , bahkan Salmon saya rasa . 


Gohu atau Sashimi ala Maluku Utara 


Bahan :


1. Ikan Segar

2. Bawang merah

3. Cabe rawit

4. Garam , Kenari

5. Lemon Cui

6.  Daun kemangi , minyak kelapa 



By Febby Cooking Area / https://febbycookingarea05.blogspot.com/


Demikian informasi " Gohu Ikan atau Sashimi ala Ternate Maluku Utara "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama