Manajemen Perusahaan Tidak Boleh Mengambil Keputusan Sepihak

MANAJEMEN PERUSAHAAN TIDAK BOLEH MENGAMBIL KEPUTUSAN SEPIHAK


FORDIASI.COM | DUNIA KERJA - Boleh atau tidak dengan entengnya bilang “Ini sudah keputusan manajemen” di saat kita sendiri sebetulnya sudah punya jabatan sebagai “manajer”?


Jika sedikit-sedikit berlindung di balik “keputusan manajemen”, tentu itu bukan tindakan yang bijaksana.


Jika kita memahami alasan di balik keputusan top management, cobalah jelaskan alasan itu kepada lawan bicara supaya mereka juga memiliki pemahaman yang sama. Hal itu efektif untuk menumbuhkan komitmen tim dalam menindaklanjuti keputusan yang dibuat oleh jajaran manajemen.


Namun jika kita merasa keputusan top management itu bukan sesuatu yang dapat diterima, cobalah perjuangkan dulu pendapat kita dan jangan langsung dengan pasrahnya menerima keputusan itu.


Akan tetapi dari sudut pandang sebaliknya, jangan lantas menjadi top management yang terbiasa membuat keputusan yang tidak masuk akal sambil berharap manajer-manajer di bawah kepemimpinan kita yang akan “mengarang” alasan di balik keputusan yang kita paksakan. Jangan malah mengamuk jika tim kita dengan pasrahnya bilang “ini sudah keputusan manajemen” di saat kita sendiri tidak bisa menjelaskan justifikasi di balik keputusan kita itu.

$ads={1}

Hal ini kesannya sepele, tapi hal ini pula yang sebetulnya sering menimbulkan desas-desus di kalangan pekerja. Karena tidak ada penjelasan, mereka jadi menduga-duga dan tidak menutup kemungkinan issue-nya malah jadi meluas ke mana-mana.


Pikirkan dan jelaskan keputusan yang kita ambil. Tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.


Oleh : Riffa Sancati


Demikian informasi " Manajemen Perusahaan Tidak Boleh Mengambil Keputusan Sepihak "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama