Mengenal Cengkeh, Pala, Kayu Manis Rempah Asal Indonesia

MENGENAL CENGKEH, PALA, KAYU MANIS REMPAH ASAL INDONESIA


FORDIASI.COM | FOOD - Indonesia adalah negara katulistiwa ,dan memiliki iklim tropis, dengan curah hujan yang cukup tinggi. Maka jangan heran kalau Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil bumi yang sangat melimpah. Diantaranya yang kita ketahui salah satunya adalah  Rempah rempah.  Indonesia Timur atau Maluku adalah daerah yang terkenal dengan hasil rempah  rempah yang melimpah ruah. Di sejarah kita ketahui Portugis datang ke Maluku tahun 1509 -1595 dengan tujuan mencari rempah rempah. Karena Indonesia  adalah negara yang kaya raya akhirnya para penjajah berhasil menguasai Indonesia dengan cukup waktu yang lama. Dan akhirnya kita bisa merdeka karena  para pejuang jejuang kita yang gigih dan berani mengorbankan nyawa yang tidak terkira untuk membebaskan Negeri kita dari tangan penjajah . Disini saya tidak secara mendetail karena hanya khilas balik saja.


Sampai sekarang pun Maluku masih kaya akan hasil rempahnya, Cengkeh, Pala, Kayu Manis. Kita semua mengetahui baik cengkeh, kayu manis dan pala merupakan salah satu bahan untuk berbagai masakan, untuk bahan obat obatan, untuk bahan membuat rokok, bahkan untuk bahan dasar kecantikan.

$ads={1}

Cengkeh, kayu manis dan pala itu sendiri, termasuk barang yang cukup mahal meskipun kita merupakan penghasil nya.


Di Ternate, Ambon buah Pala itu sendiri selain biji dan bunganya untuk bumbu disuatu masakan, buahnya juga dibuat manisan, dan Syirup pala. Masyarakat maluku cukup kreatip untuk mengolah buah pala itu sendiri. 


Saya lahir di Ambon, tentu saja saya tahu dan sangat menyenangi buah pala  tersebut, kalau saya suka buah pala yang masih mengkal, di buat rujak, rasanya enak sekali . Kebetulan juga keluarga saya punya kebun cengkeh dan buah Pala itu sendiri. Tidak heran sampai saat ini untuk Pala, cengkeh untuk kebutuhan kami sehari hari ,hasil dari panen kebun sendiri. 


Source : Febby Cooking Area / https://febbycookingarea05.blogspot.com/


Demikian informasi " Mengenal Cengkeh, Pala, Kayu Manis Rempah Asal Indonesia "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close