Mengenal Sejarah Candi Borobudur, Warisan Budaya Dunia


MENGENAL SEJARAH CANDI BOROBUDUR, WARISAN BUDAYA DUNIA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia. Dibangun pada abad ke-9, Candi Borobudur sekarang menjadi magnet yang mampu menarik jutaan wisatawan setiap tahun.


Karena terbesar di dunia tentu saja terbesar juga di Indonesia, dan Candi Borobudur ini merupakan salah satu dari 7 ke ajaiban dunia,  atau warisam dunia yang ditetapkan oleh UNESCO .


Candi Borobudur ini terletak di Magelang Jawa Tengah. selain menjadi tempat destinasi wisata yang mendunia yang sangat ramai di kunjungi wisatawan, Candi Borobudur ini juga menjadi salah satu tempat ibadah bagi  masyarakat penganut agama Buddha di Indonesia, khususnya pada perayaan hari raya Waisak.

$ads={1}

Candi Borobudur ini atau sejarahnya candi Borobudur di bangun sekitar tahun 800 Masehi atau sekitar abat 9. 


Candi Borobudur dibangun oleh penganut agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailender. Candi ini sendiri di bangun di masa kejayaan Dinasti Syailenrda. Pendiri candi itu sendiri Raja Samaratungga yang besasal dari Wangsa atau Dinasti Syailenrda. 


Kemungkinanya candi ini dibangun pada  mulai dibangun pada tahun 824 Masehi dan selesai pembangunannya sekitar tahun 900 Masehi. Pada waktu masa pemerintahan Ratu Paramudawardhani , yang tidak lain putri dari Raja Samaratungga itu sendiri.  Sedangkan arsitek yang sangat berjasa untuk pembangunan candi Borobudur ini menurut cerita turun temurun adalah Gunadharma.


Kata Borobudur itu sendiri berdasarkan bukti tertulis, pertama yang di tulis olh Mr Thomas Stamford  Raffles, yang pada waktu itu menjabat sebagai Gubernur Jendral Britaninia Raya di Jawa. Dia memberi nama Candi ini. Tidak ada bukti tertulis yang yang lebih tua yang memberikan nama Borobudur pada candi itu. Yang hanya ada dokumen tertua, yang menunjukan keberadaan candi ini adalah kitab Nagarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365. Dalam kitap itu dituliskan bahwa candi di gunakan sebagai tempat meditasi penganut agama Buddha.


Borobudur itu sendiri mempunyai arti biara di perbukitan, yang dari kata "bara " ( candi atau biara ) dan" beduhur " ( perbukitan atau tempat yang tinggi ) dalam bahasa Sangsekerta. 


Candi Borobudur ini sudah berabat abat tidak lagi di pakai, dan karena letusan gunung berapi sebagian besar bangunan Candi Borobudur tertutupi oleh tanah vulkanik juga tanaman semak belukar, apalagi semenjak masuknya Islam ke Indonesia pada abat 15. Maka dari itu bangunan Candi Borobudur ini terlupakan.


Pada tahun 1814 dimana saat itu Indonesia di duduki oleh Inggris,  Thomas Stamford Raffles mendengar bahwa adanya ditemukan benda purbakala berukuran raksasa, didaerah Bumisegoro daerah Magelang. Maka dari itu Thomas Stamford Raffles memerintahkan H.C Cornelius yang merupakan Insinyur dari Belanda untuk menyelidiki penemuan purbakala tersebut .  

$ads={2}

Karena pada saat itu keadaannya sudah berupa bukit dan dipenuhi semak belukar, maka Cornelius dibantu sekitar 200 orang untuk menebang pohon dan membuang semak belukar yang menutupi bangunan candi tersebut.


Oleh karena itu Raffles mendapat penghargaan sebagai orang yang pertama melakukan pemugaran Candi Borobudur tersebut dan hal itu mendapat perhatian dunia. 


Setelah Indonesia merdeka, padantahun 1956 pemerintah Indonesia meminta bantuan UNESCO untuk meneliti kerusakan pada Candi Borobudur itu sendiri. Sejak saat ini di mulailah penugaran Candi Borobudur dengan bantuan UNESCO . Pada tahun 1991 Candi Borobudur ditetapkan sebagai World Heritage Site oleh UNESCO . 


Dan sampai sekarang Candi Borobudur merupakan salah satu cagar budaya Indonesia yang harus selalu kita lestarikan, kita jaga keberadaannya. Tidak heran banyak sekali wisatawan asing dari segala penjuru dunia, dan wisatawan domestik  berbondong datang untuk melihat keberadan Candi Borobudur.


Source : https://febbycookingarea05.blogspot.com/


Demikian informasi " Mengenal Sejarah Candi Borobudur, Warisan Budaya Dunia "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close