Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Contoh Seni Tari


FORDIASI.COM | INFORMASI - di Indonesia sendiri kental dengan seni tarinya, dan tentunya ada beberapa jenis tari yang perlu kamu ketahui. Sebelum membahas macam-macam jenis tari, ada baiknya terlebih dahulu memahami apa itu seni tari. Seni Tari merupakan seni yang menggunakan gerakan tubuh dengan berirama, biasanya seni tari sendiri memiliki koreografi.


Gerakan tersebut berlangsung pada tempat dan waktu tertentu sesuai dengan irama lagu yang didendangkan, yang berguna untuk mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Gerakan itu merupakan kombinasi dari 3 hal yakni raga, ritme dan rasa.


Sedangkan pengertian tari adalah suatu proses pembentukan gerak tubuh yang memiliki irama dan dalam penyajiannya disertai dengan ketegangan-ketegangan berdasarkan rasa dan karsa.


Ada berbagai jenis tari di Indonesia. Berikut penjelasan yang dikutip dari laman SMKN 1 Negara Batin:

$ads={1}

1. Tarian Tradisional


Tari tradisional merupakan tarian yang berasal dari suatu daerah dan merupakan tarian turun temurun sehingga menjadi budaya daerah tersebut. Tarian daerah memiliki nilai filosofi seperti religi, kepahlawanan, dll.


Tari tradisional sendiri terbagi menjadi tari klasik dan tari rakyat. Tarian rakyat adalah tarian yang berlangsung di masyarakat dan merupakan simbol kebahagiaan dan kegembiraan. Selain itu, tarian rakyat biasanya tidak memiliki aturan baku sehingga tariannya sangat bervariasi.


Tari klasik adalah tarian yang berasal dari keraton atau bangsawan. Tarian ini berkembang di lingkungan atas sehingga pada saat itu masyarakat kecil dilarang menari, berbeda dengan tarian rakyat klasik yang memiliki aturan baku dan tertulis.


2. Tarian kontemporer


Tari kontemporer adalah tarian yang berkembang di Indonesia dan tidak terpengaruh oleh unsur seni tradisional. Tarian ini menggunakan iringan yang lebih modern dan koreografi yang bermakna dan unik.

Tari Kontemporer yang sering kita lihat saat ini bisa disebut dengan breakdance, Bboy, atau mungkin seperti boyband korea.


3. Tarian ciptaan baru


Tari kreasi baru merupakan tari perluasan dari seni tradisi. Tarian ini memiliki gerakan-gerakan yang biasanya dipadukan atau dikolaborasikan dengan jenis tarian lainnya. Dalam seni tari, kreasi baru dapat digunakan sebagai ritual untuk upacara keagamaan dan lainnya.

$ads={2}

Tarian yang baru diciptakan terbagi menjadi dua, yaitu tari kreasi baru dengan pola non-tradisional dan tari kreasi tradisional. Tari kreasi baru non tradisional adalah tarian yang sama sekali tidak berpedoman pada tarian tradisional.


Itulah jenis tarian yang ada di Indonesia. Jadi kamu tertarik mempelajari yang mana sobat fordiasi?


Yuk komentarnya


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close