Persita Tangerang Menang tipis atas Persipura Jayapura 2-1 di BRI Liga 1 Musim 2021-2022


FORDIASI.COM | OLAHRAGA - Laga kedua BRI Liga 1 musim 2021-2022 antara Persipura Jayapura vs Persita Tangerang yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, berakhir dengan skor akhir 1-2. Persita mencetak gol melalui kaki Harrison Cardoso dan Isryad Maulana, sedangkan gol Persipura diciptakan oleh pemain muda Ramai Rumakiek.


Persipura Jayapura menurunkan semua pemain terbaiknya di pertandingan pertamanya musim ini. Pelatih Jacksen F. Tiago langsung menempatkan penyerang asing Ukraina Yevhen Bokhasvili di barisan depan. Yevhen bergabung dengan Rivaldo Todd Ferre dan Ian Louis Kabes di depan. Sementara itu, Boaz Solossa absen karena cedera.


Di kubu Persita, pelatih Widodo Cahyono Putro tidak menurunkan semua pemain asingnya. Ia hanya bermain melawan Harrison Cardoso dan Adam Mitter dalam pertandingan ini, sedangkan gelandang Korea Selatan Bae Sin-yeong tidak masuk dalam daftar pemain Persita.

$ads={1}

Kedua tim menunjukkan permainan menyerang sejak awal pertandingan. Yehven mendapat peluang pertama di menit 7. Sayang, sundulan pemain yang membela PSS Sleman musim sebelumnya masih bisa diblok kiper Try Hamdani.


Pada menit ke-14, bek Persipura Donny Monim dilanggar Ahmad Nur Hardianto yang mencoba menerima umpan silang dari Edo Febriansyah. Monim mendorong Hardianto agar wasit memberi tanda titik.


Harrison Cardoso yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan terampil. Dia mengirim bola ke sisi kanan gawang sementara Gerry Mandagi bergerak ke sisi kiri.


Namun, Persipura langsung merespon pada menit 16. Yehven melakukan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Persita yang dipimpin oleh gelandang muda Ramai Rumakiek.


Pada menit ke-21, Hardianto berhasil mencetak gol kedua bagi Persita Tangerang menggunakan bola yang dilontarkan oleh tendangan Edo Febriansyah yang tak mampu digagalkan Gerri dengan sempurna. Namun, wasit menyebut Hardianto dalam posisi offside. Sementara tayangan ulang menunjukkan bahwa Hardianto berada di belakang garis pertahanan Persipura saat Edo melepaskan tembakan.


Gol kedua pasukan Pangeran Cisadane tercipta dua menit berselang. Dalam kesempatan tersebut, pergerakan Irsyad Maulana tidak terkawal di pertahanan Persipura dan berhasil memanfaatkan center horizontal yang dilancarkan Taufiq Febriyanto dan sengaja ditinggalkan Hardianto.


Usai gol itu, kedua tim tampak bermain lebih hati-hati. Menjelang akhir babak pertama, Persipura lebih menguasai bola. Namun, mereka kesulitan menembus kotak penalti Persita Tangerang. Beberapa tembakan jarak jauh yang dilontarkan skuat Mutiara Hitam tak banyak mengancam gawang Persita hingga babak pertama berakhir dengan skor 1-2.


Di babak kedua, Persipura Jayapura yang tertinggal mencoba mengambil inisiatif untuk lebih menyerang. Delapan menit memasuki babak kedua, kiper Try Hamdani melakukan kesalahan saat mencoba menendang bola.


Kakinya meleset dari bola, yang kemudian ditangkap oleh Yehven dan menendang bola ke gawang. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena menganggap Yehven telah mengganggu Try.


Pada menit ke-62, Persipura kembali mendapat peluang. Rumakiek banyak melakukan aksi individu yang menembus pertahanan Persita dan akhirnya membuat Ricky Kayame sedikit melepaskan tembakan. Namun, tendangan winger berusia 27 tahun itu masih melebar di sisi kiri pertahanan Persita Tangerang.

$ads={2}

Persita yang lebih banyak melancarkan serangan balik juga tak bisa banyak mengancam gawang Persipura. Tenaga tim Widodo tampak terkuras sehingga sulit menciptakan peluang.


Jackson melakukan dua perubahan sekaligus di menit 70. Ia mengeluarkan Ricky Kayame dan Imanuel Rumbiak dengan memasukkan pemain muda Brian Fatari dan Joshua Isir.


Empat menit berselang, Jackson juga mendatangkan Yohanes Ferinando Pahabol untuk memperkuat lini sampingnya. Pahabol menggantikan Ian Louis Kabes.


Pada menit ke-76, serangan kuat yang dilancarkan Persipura nyaris membuahkan gol. Todd Ferre berhasil melepaskan tembakan ke gawang kosong Persita saat Try terjatuh usai menolak umpan silang Pahabol. Sayang, tembakan Todd Ferre diblok oleh Edo yang membantu pertahanan.


Hingga akhir pertandingan, kedua tim gagal mencetak gol. Skor 1-2 pada laga Persipura Jayapura vs Persita Tangerang membuat pasukan Pangeran Cisadane kembali menghuni puncak klasemen Liga 1 BRI untuk sementara waktu. Mereka unggul dari Bali United dalam hal mencetak gol ke gawang lawan. Pada pertandingan Jumat lalu, Bali United mengalahkan Persik Kediri 1-0. Besok Minggu pertandingan ketiga Liga 1 akan dimainkan antara Bhayangkara FC vs. Persiraja Banda Aceh.


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama