Sejarah Pohon Sahabi, Pohon Kuno Sahabat Nabi Muhammad SAW


SEJARAH POHON SAHABI, POHON KUNO SAHABAT NABI MUHAMMAD SAW


FORDIASI.COM | ISLAM - Pohon merupakan elemen sahabat bagi manusia yang memberikan banyak manfaat untuk kehidupan. Pohon menghasilkan oksigen dan menjaga air namun juga memiliki manfaat sebagai tempat berteduh dari terik matahari. Salah satu pohon langka yang sangat terkenal adalah Pohon Sahabi yang terletak di tengah Padang Gurun Yordania.


Pohon ini kerap dijuluki The Blessing Tree oleh masyarakat dunia karna lokasinya yang menyendiri dan menakjubkan karena berada ditengah Gurun tandus, disebut Sahabi karna pohon ini dipercaya diliputi oleh keberkahan karna pernah disinggahi oleh Nabi Muhammad SAW dan masih bertahan hingga 1400 tahun lebih hingga kini.

$ads={1}

Menurut 3 Manuskrip Kuno yang ditulis Ibn Hisyam, Ibn Sa'ad Al Baghdadi dan Ibn Jarir Al Tabari menceritakan tentang kisah Pendeta Bukhaira yang bertemu dengan anak kecil seusia 9 hingga 12 tahun. Anak kecil tersebut ikut dengan pamannya Abu Thalib yg berdagang ke SYAM. Singkat cerita ketika nabi berteduh dibawah pohon Sahabi ini, pohon rindang itu bergerak seperti melindunginya dari panas, dan Pendeta Bukhaira yang menyaksikannya pun semakin yakin tentang tanda tanda kenabian anak kecil yang ternyata adalah Nabi Muhammad SAW tersebut.


Baca Juga: Lirik Qosidah Sholawatullahi Taghsya Majelis Rasulullah SAW


Pohon Sahabi ini tumbuh di daerah yang sangat jauh dari sumber air namun tetap mampu bertahan hidup. Di Musim tertentu pohon ini terlihat begitu hijau namun ada kalanya di waktu tertentu pula sengaja menggugurkan daun. Daun pohon sahabi ini menciptakan canopy yang luas hingga bisa digunakan sebagai tempat berteduh dari terik matahari gurun.


Kini pohon yang terletak 150 km dari Kota Amman, Ibukota Yordania itu telah dilindungi oleh Pemerintah setempat sebagai salah satu situs sejarah kenabian. Pohon kuno ini mendapat perhatian serius oleh Pemerintah setempat demi proses kelangsungannya. Pohon kuno yang dulu melindungi nabi dari terik matahari kini juga membawa keberkahan ekonomi dan manfaat untuk masyarakat Yordania.

$ads={2}

Bukti kenabian dan juga persahabatan manusia dan pohon serta makhluk ciptaan Allah lainnya. Pohon bukan tempat untuk meminta apalagi untuk dimusuhi, ditebang atau ditakuti. Pohon adalah sahabat yang mesti dijaga dan dilindungi agar saling memberi manfaat.


Oleh: Doddy Prasetyo


Demikian informasi " Sejarah Pohon Sahabi, Pohon Kuno Sahabat Nabi Muhammad SAW "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama