Sekilas Mengenal Pulau Ternate Maluku Utara


SEKILAS MENGENAL PULAU TERNATE MALUKU UTARA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Ternate merupakan salah satu kota di Maluku Utara , dulu Ternate merupakan ibu kota Maluku Utara, akan tetapi sekarang sudah pindah ke Sofifi. 


Asal usul nama Ternate itu sendiri berawal dari nama wilayah yang bernama Gapi, sosok embrio kota heterogenpun di persiapkan. Dalam literatur seorang pendahwah Isalam yang bernama  Jafa'ar Shidiq, mengungkapkan karakter asli dari penduduk asli wilayah Gani yang begitu keras dan kasar . 


Dalam bahasa daerah lokal karakter ini di sebut Tarinata. Karena di anggap sebagai warisan alam Gunung berapi Gamalama, yang keberadaannya berada di tengah pulau penduduk ini tinggal .

$ads={1}

Dengan perkembangan jaman, wilayah Gapi berikut penduduk Tarinata inipun semakin meluas, dan menjadi kota Utama dengan Kesultanan besar yang memerintah, dan sekarang kita kenal dengan Kota Ternate. 


Ternate adalah kota besar, yang berada di pulau yang bernama Ternate juga. 


Identik dengan Gunung Merapi Gamalama, kota Ternate tidak bisa di pernah bisa di lepaskan dari sejarah masyarakat Ternate itu sendiri .


Kota Ternate asalah kota berkembang dari kota pelabuhan tata kota Ternate . Kota Ternate merupakan bentukan dari gaya Eropa, yang di bawa oleh bangsa Portugis, Spanyol dan Belanda, Seperti yang kita ketahui di sejarah Indonesia.


Tidak heran di kota Ternate itu sendiri terdapat bangunan infratuktur kota yang kebanyakan bentuknya seperti bentuk kebanyakan kota kolonial Eropa. Keberadaan kota Ternate bermula dari berdirinya Kesultanan Ternate sekitar abat ke 13, yang menjadikan kota ini menjadi pusat pemerintahannya . 


Kesultanannya Ternate itu sendiri berdiri banyak mendapatkan pengaruh Islam, dari pedagang Arap dan mengusung Syariat Islam, dan kemudian menjadi sebuah kekuatan kerajaan besar di Timur Nusantara. 


Bahkan daerah kekuasaan Kesultanan Ternate mencapai kepulawan Marshall di Filipina. Bagi Indonesia sendiri Kerajaan Kesultanan Ternate merupakan salah satu kerajaan Islam tertua, dan masih berdiri sampai saat ini.


Kota Ternate ini sendiri merupakan kota kepulawan, dengan luas Wilayah 542.736 kilometer persegi, yang terdiri dari 8 pulau, di antaranya Pulau Ternate, Pulau Hiri , Pulau Moti, Pulau Mayau dan Pulau Tifori. Dan ada beberapa pulau yang tidak berpenghuni diantaranya, Pulau Maka, Pulau Mano, dan Pulau Girida.


Kota Ternate sendiri merupakan kota yang di kenal sangat subur, dan merupakan  sumber daya penghasil rempah rempah sehingga menjadi incaran pedagang sejak masa lalu . 


Walaupun ibu kota propinsi Ternate sudah berpindah di Sofifi, tapi tidak dapat di pungkiri roda perekonomiannya masih berpusat di Ternate . 

$ads={2}

Di sektor destinasi pariwisatanya Ternate memiliki banyak sekali tenpat objek wisata yang sangat bagus , diantaranya Benteng Tolukko, Kastela, Orange yang posisinya berada di tengah kota Ternate itu sendiri. Ada danau Tolire, Pantai Sulamadaha, ada Batu Angus, dan semua menjadi pilihan menarik untuk kita kunjungi.







Source : https://febbycookingarea05.blogspot.com/


Demikian informasi " Sekilas Mengenal Pulau Ternate Maluku Utara "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama