Sertifikat Vaksin COVID-19 | Cara Cek dan Downloadnya di PeduliLindungi.id

 

SERTIFIKAT VAKSIN COVID-19 | CARA CEK DAN DOWNLOAD DI PEDULILINDUNGI.ID


FORDIASI.COM | INFORMASI - Buat kamu yang sedang mencari-cari informasi mengenai vaksin COVID-19, terutama soal sertifikat dari vaksin COVID-19 secara resminya yang bisa kamu akses melalui website PeduliLindungi.id. Selain bisa kamu akses melalui websitenya, bisa juga kamu mengaksesnya melalui aplikasi yang bisa kamu unduh di ponsel kamu atau bisa juga dengan menggunakan SMS.


Sebelum kita lanjut ke pembahasannya, buat kamu yang belum tau apa sih PeduliLindungi.id apa itu PeduliLindungi ?


Menurut dari website resminya PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

$ads={1}

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.


Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkna notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada pasien dalam pengawasan.


Berikut Video Cara Kerjanya :



Berikut cara cek dan download sertifikat vaksin COVID-19, yang penulis lansir dari website health.detik.com :


1. Melalui situs website PeduliLindungi.id


Kunjungi situs website resminya di PeduliLindungi.id atau klik DISINI.

Pilih menu LOGIN, Jika kamu sudah pernah membuat atau mendaftarkan akun di PeduliLindungi.id, jika belum pernah membuat atau mendaftarkan akun bisa pilih REGISTER. letaknya tepat berada di sudut kanan atas situs website.

Kemudian masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang telah digunakan sebelumnya pada saat melakukan pendaftaran vaksinasi COVID-19.

Masukkan 6 digit kode OTP yang dikirimkan oleh PEDULICOVID melalui SMS.

Kemudian klik "Nama Akun" disudut kanan atas situs website PeduliLindungi.id. Apabila kamu menggunakan ponsel, maka klik ikon 3-strip lalu pilih "Nama Akun".

Klik "Nama" yang muncul di "Sertifikat Vaksin", kemudian masukkan NIK untuk membuka dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19.

Apabila vaksin COVID-19 belum tersedia, kamu bisa menghubungi call center 119 dengan extension 9 untuk mendapatkan bantuan.


2. Lewat aplikasi PeduliLindungi


Unduh aplikasi PeduliLindungi melalui Play Store untuk android atau App Store.untuk iPhone.

Apabila baru pertama kali menggunakan aplikasi PeduliLindungi, maka kamu akan diarahkan untuk membuat atau mendaftar akun terlebih dahulu. Dengan memasukkan nama lengkap, alamat email, dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan pendaftaran vaksinasi COVID-19.

Masukkan kode OTP untuk memverifikasi data, kode ini dikirimkan ke nomor ponsel yang didaftarkan sebelumnya. Untuk melihat kodenya cek inbox atau SMS pada ponsel kamu.

Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke menu Beranda.

Pilih menu "Akun" kemudian klik "Sertifikat Vaksin".

Pada aplikasi akan menampilkan nama yang muncul di "Sertifikat Vaksin", kemudian masukkan NIK untuk membuka dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19.


3. Melalui SMS


Setelah divaksinasi, umumnya kamu akan mendapat pemberitahuan melalui SMS dari nomor 1199. SMS ini berisikan nama lengkap, NIK, dan tautan untuk mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 melalui laman PeduliLindungi.id.


Untuk mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19, kamu bisa langsung mengklik tautan yang terdapat di dalam isi SMS tersebut.


Bagi yang sudah divaksinasi COVID-19 dan belum mendapatkan sertifikat vaksin mohon bersabar. Menurut Juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, umumnya sertifikat vaksin COVID-19 baru bisa didapatkan setelah 7-10 hari kamu divaksinasi.


"Dikontak websitenya (PeduliLindungi) kalau belum dapat," sebut dr Nadia saat dikonfirmasi detikcom Rabu (7/7/2021)

$ads={2}

Perlu dicatat, setelah kamu berhasil mengakses PeduliLinndungi.id sertifikat vaksin, ada baiknya untuk tidak mengumbar sertifikat vaksin COVID-19 di media sosial, untuk menghindari penyalahgunaan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, karena sertifikat inni berisikan informasi penting tantang data diri.


Referensi / Sumber :


  • https://pedulilindungi.id/
  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5656849/3-cara-cek-dan-download-sertifikat-vaksin-covid-19-di-pedulilindungiid


Source: https://carazuhri.blogspot.com/


Demikian informasi " Sertifikat Vaksin COVID-19 | Cara Cek dan Downloadnya di PeduliLindungi.id "


Semoga bermanfaat...


Terima Kasih


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama