Syeikh Ali Jaber: Hari Jumat Waktu Mustajab untuk Berdoa

FORDIASI.COM | ISLAM - Ada waktu di hari Jumat yang dianggap waktu paling efektif untuk berdoa. Rasulullah SAW dalam haditsnya telah menjelaskan keistimewaan momen ini, agar umat Islam dapat dapat menjalankannya, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,


فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ


Artinya: "Di hari Jum'at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do'a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta." (HR Bukhari).


$ads={1}

Syekh Ali Jaber dalam siaran YouTube di kanal TAMAN SURGA.NET menjelaskan, siapa saja yang shalat pada waktu itu, maka shalatnya tidak akan tertolak. Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya.


Dalam siaran bertajuk 4 Amalan Malam Jum'at Paling Penting yang ditayangkan pada 28 Januari 2021, ulama kharismatik ini menjelaskan bahwa ulama masih memahami momen ini. Namun, beberapa hadis yang dianggap baik merujuk pada momen tertentu.


"Menurut hadits yang paling kuat, ada jam terakhir di sore hari. Kalau maghrib jam 18.00, maka dimulai jam 17.00. Intinya satu jam sebelum matahari terbenam, silakan sholat," kata syekh Ali Jaber , yang lahir dan besar di Madinah.


Muslim tidak perlu terus berdoa selama satu jam terakhir sebelum matahari terbenam. Setiap Muslim dapat berdoa selama 10 menit atau sesuai kebutuhan. Yang jelas di akhir shalat Jumat Ashar, umat Islam harus shalat dan tidak tersesat.


Syekh Ali Jaber menjelaskan momen tersebut begitu istimewa sehingga segala aktivitas yang berkaitan dengan pendidikan di Madinah terhenti. Siswa dan guru meninggalkan buku, kuliah, dan pelajaran mereka untuk berdoa selama satu jam.


Pada hari Jum'at sebenarnya memiliki banyak kemuliaan dan keutamaan bagi umat Islam. Selain salat, Syekh Ali Jaber merekomendasikan agar tiga amalan lagi diadakan setiap musim. Ketiganya membaca sholawat, Surah Al Kahfi dan sedekah di waktu subuh.


Untuk Surat Al Kahfi yang terdiri dari 110 ayat, Syekh Ali Jaber menyarankan untuk mencicil sepanjang hari. Surah Al Kahfi, dibaca perlahan, terasa lebih ringan, dibandingkan satu huruf dalam satu waktu.


$ads={2}


apakah Anda siap untuk berdoa pada jam paling efektif di hari Jumat? Semoga Allah SWT mengabulkan doa kalian.


(H/S)


Source: detik.com


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close