5 Fakta Vantablack Benda Paling Gelap


5 FAKTA VANTABLACK BENDA PALING GELAP


FORDIASI.COM | INFORMASI - Di sayap Antena Museum Sains di London, patung perunggu seorang pria duduk di balik dinding kaca. Wajahnya, milik presenter BBC Marty Jopson, tidak terlalu besar—mungkin setinggi 6 atau 7 inci. Ini sangat bertekstur, dan menangkap cahaya di paku keling dan lesung pipitnya. Selain ujung kumis Jopson yang terbalik, tidak ada yang luar biasa dari patung ini. Tapi di sebelahnya duduk patung identik yang benar-benar mengejutkan pikiran. Sepertinya seseorang telah membuat lubang di udara dalam bentuk kepala Jopson, hanya menyisakan kegelapan kosong yang menganga. Tekstur wajah menghilang menjadi massa beludru; hanya dari samping dapat dikatakan bahwa payudara memiliki dimensi sama sekali.


Sihir visual ini adalah karya Vantablack bahan tergelap yang pernah dibuat oleh manusia. Lapisan bernama menakutkan yang menyerap hampir semua cahaya diciptakan oleh perusahaan Inggris Surrey NanoSystems untuk membantu menghilangkan cahaya nyasar di satelit dan teleskop. Sejak itu mengumpulkan pengikut fanatik dari seniman, desainer, dan kreatif penasaran lainnya yang putus asa untuk mendapatkan barang-barang itu. Namun terlepas dari popularitasnya, masih ada banyak kebingungan tentang apa sebenarnya bahan misterius ini dan bagaimana cara menggunakannya. mental_floss baru-baru ini berbicara dengan Steve Northam dari Surrey NanoSystem untuk mencari tahu tentang semua hal Vantablack; inilah yang kami pelajari.


Berikut 5 Fakta Vantablack Benda Paling Gelap


1. BUKAN SEBENARNYA WARNA.


Mari kita bicara teknis sebentar. Warna seperti yang kita ketahui sebagai manusia adalah hasil dari cara cahaya dipantulkan dari suatu objek dan masuk ke mata kita. Frekuensi cahaya yang berbeda diterjemahkan ke dalam warna yang berbeda. Vantablack bukan warna, tapi bahan. Itu terbuat dari "hutan" tabung karbon kecil berongga, masing-masing selebar satu atom. Menurut situs web Surrey NanoSystems, "luas permukaan [1 sentimeter persegi] akan berisi sekitar 1000 juta nanotube." Saat cahaya mengenai tabung, cahaya itu diserap dan tidak bisa lepas—yang berarti bahwa sebenarnya, Vantablack adalah ketiadaan warna.

$ads={1}


2. ANDA TIDAK BISA MEMBELINYA.


Karena itu bukan pigmen atau cat, Anda tidak bisa hanya membeli ember dan mencelupkannya ke dalam kuas dan mengoleskannya ke dinding Anda. Tabung nano yang membentuk Vantablack harus ditanam di laboratorium Surrey NanoSystems menggunakan proses yang rumit (dan dipatenkan) yang melibatkan beberapa mesin, beberapa lapisan zat yang berbeda, dan beberapa panas yang ekstrem. Dari awal hingga akhir, menerapkan Vantablack ke suatu objek bisa memakan waktu hingga dua hari, menurut Northam. “Saya memiliki pertanyaan kemarin menanyakan berapa biaya untuk satu kilo pigmen Vantablack,” kata Northam. "Pertama-tama, saya tidak bisa menjual seember Vantablack kepada Anda, tetapi jika saya bisa, saya tidak berpikir akan ada banyak hal di planet ini yang akan lebih mahal." Dia mengatakan bahwa, ons untuk ons, Vantablack jauh lebih mahal daripada berlian dan emas.


3. TIDAK TERASA SEPERTI YANG TERLIHAT.


"Salah satu hal yang sering dikatakan orang adalah 'Bisakah saya menyentuhnya?'" Kata Northam. "Mereka berharap itu terasa seperti beludru hangat." Meskipun Vantablack memang memiliki tampilan yang lembut dan lembut, Northam mengatakan itu tidak berarti sensasi fisik. Saat Anda menyentuh Vantablack, itu hanya terasa seperti permukaan yang halus. Itu karena nanotube sangat kecil dan tipis, mereka runtuh begitu saja di bawah sentuhan manusia. Beginilah cara Northam menggambarkannya: “Bayangkan Anda memiliki ladang gandum, dan bukannya gandum setinggi 3 atau 4 kaki, tingginya sekitar 1000 kaki. Itu adalah skala setara yang sedang kita bicarakan untuk nanotube. Alasan mereka bekerja adalah mereka sangat, sangat panjang dibandingkan dengan diameternya. Itu akan tetap tegak dan tidak tertiup angin, tetapi jika Anda kemudian mencoba dan mendaratkan pesawat di atasnya, Anda akan membuat penyok.” Jadi, Vantablack cukup rentan terhadap kerusakan, itulah sebabnya mengapa itu belum bisa diterapkan pada permukaan yang tidak terlindungi seperti mobil atau gaun kelas atas — satu sapuan tangan dan bahannya akan kehilangan keajaibannya.


4. HAMPIR TIDAK ADA MASSA.

$ads={2}


Meskipun Vantablack sensitif terhadap sentuhan, Vantablack sangat kuat terhadap kekuatan lain, seperti guncangan dan getaran. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa setiap karbon nanotube adalah individu, dan hampir tidak memiliki massa sama sekali. Plus, sebagian besar bahannya adalah udara. "Jika tidak ada massa, tidak ada gaya selama akselerasi," kata Northam. Ini membuat Vantablack ideal untuk objek yang dilindungi yang mungkin harus menanggung perjalanan bergelombang, seperti peluncuran luar angkasa, misalnya.


5. DAPAT MEMILIKI JUMLAH KEGUNAAN DI LUAR APLIKASI ASLINYA.


Bahan ini awalnya dirancang untuk bidang super teknis, seperti peralatan luar angkasa, di mana kemampuannya untuk membatasi cahaya yang menyimpang membuatnya ideal untuk bagian dalam teleskop. Tapi itu bisa diterapkan di lebih banyak objek sehari-hari jika kondisinya tepat. Northam mengatakan Surrey NanoSystems telah didekati oleh segelintir pembuat jam tangan mewah yang tertarik untuk memasukkan Vantablack ke dalam permen pergelangan tangan mereka, dan produsen mobil kelas atas ingin menggunakannya di tampilan dasbor mereka untuk tampilan visual yang memukau. Northam mengatakan mereka juga memiliki beberapa pembuat smartphone yang mengetuk pintu mereka.


Sumber: https://www.ferdy-info.xyz


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close