7 Menu Sarapan yang Tidak baik dan Perlu dihindari


7 MENU SARAPAN YANG TIDAK BAIK  DAN PERLU DIHINDARI


FORDIASI.COM | HEALTH - Banyak orang yang mengklaim bahwa sarapan adalah makanan terpenting dalam sehari, kamu mungkin bertanya-tanya apakah semua pilihan sarapan dibuat sama.


Lagi pula, siapa yang tidak ingin menikmati sarapan yang nikmat mengenyangkan, dan bergizi yang membuat mereka tetap bertenaga pada pagi hari?


Jadi tidak heran, pilihan menu sarapan paling sehat yakni mengandung kombinasi protein, serat, dan lemak sehat untuk membuat kamu tetap merasa kenyang hingga waktu makan siang tiba, bersama dengan karbohidrat mentah dalam jumlah sedang untuk memberikan energi yang cukup.


Sayangnya, banyak menu sarapan yang umum tidak memenuhi kriteria ini dan mungkin membuat kamu merasa lapar sesaat setelah makan atau merasa tidak nyaman saat kenyang.


Berikut adalah 7 makanan sarapan yang harus dihindari


1. Sereal yang sangat Manis



Terlepas dari rasanya yang manis, renyah, dan kehadirannya yang umum di meja sarapan, sebagian besar sereal tidak akan membuat kamu bertahan lama kenyangnya.


biasanya makanan ini penuh gula dan rendah protein, yang berarti bahwa makanan ini akan dengan cepat meningkatkan kadar gula darah kamu. Ini dapat menyebabkan iritabilitas dan rasa lapar begitu hormon insulin penurun gula darah mulai bekerja.


Demikian juga, bahkan sereal tanpa pemanis seperti jagung atau serpih dedak cenderung rendah protein, dengan hanya 2 gram protein per cangkir (25 gram) dan 4 gram protein per cangkir (45 gram). Jadi, meskipun mengandung lebih sedikit gula tambahan, itu tetap bukan cara terbaik untuk memulai hari kamu.


Pilihan yang lebih alami seperti granola sering kali mengandung gula tambahan, yang telah dikaitkan dengan obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.


Untuk alasan ini, sementara sereal manis atau sereal yang sangat halus lainnya mungkin baik-baik saja sebagai camilan sesekali, itu bukan pilihan sarapan harian terbaik.


2. Pancake atau Wafel


Kami tidak suka membaginya untuk kamu, tetapi panekuk dan wafel bukanlah cara yang bergizi untuk mengisi pagi kamu. Terlepas dari rasanya yang lezat, makanan yang menenangkan ini dibuat dengan tepung putih halus dan ditaburi mentega dan sirup, yang pada dasarnya adalah gula murni.


Dengan arti, panekuk dan wafel memiliki tinggi kalori , lemak, dan gula, namun kurang protein dan serat. Jadi, meskipun makanan tersebut nikmat dan memenuhi kebutuhan sarapanmu, tapi kamu akan cepat lapar kembali.


Namun, jika pancake atau wafet sebagai menu sarapan favorite kamu, abaikan dahulu.. pilihlah versi dengan biji-bijian atau bahan padat nutrisi lainnya seperti tepung almond atau buncis. kamu dapat memasangkannya dengan sumber protein pilihan kamu, dan menggunakan selai kacang sebagai pengganti sirup sebagai topping.


3. Roti bakar Mentega



Roti panggang mentega merupakan menu sarapan yang paling sederhana dan mudah dibuat. Yang kamu butuhkan hanyalah sepotong roti dengan sedikit mentega, dan kamu siap untuk makan pagi dengan perpaduan rasa manis dan asin.


Namun demikian, opsi ini tidak akan menopang kamu dalam waktu yang lama karena kekurangan protein. Sebagian besar kalori dalam roti panggang mentega berasal dari karbohidrat dalam roti dan lemak dari mentega .


Namun, roti dan mentega tetap bisa menjadi pilihan sarapan yang tepat jika kamu memilih roti gandum dan menambahkan topping kaya protein seperti telur atau suwiran dada ayam. Untuk lebih meningkatkan kandungan nutrisi, tambahkan irisan sayuran seperti tomat, mentimun, atau sayuran hijau.


4. Jus Buah


Meskipun kamu mungkin berpikir bahwa menghilangkan dahaga dengan jus buah lebih sehat daripada minum soda manis atau teh manis, itu bukan pilihan minuman terbaik.


Jus buah mengandung nutrisi dan antioksidan, tetapi tinggi gula dan rendah serat yang ditemukan dalam buah utuh, yang berarti tidak terlalu mengenyangkan.


Jadi, yang terbaik adalah hanya menikmati minuman berwarna-warni ini sesekali, dan tetap makan buah utuh disetiap pagi.


5. Kue-kue Sarapan


Donat, roti gulung kayu manis, danish, dadar gulung, dan kue-kue panggang roti hanyalah beberapa contoh dari banyaknya kue-kue yang biasa disajikan dipagi hari.


Namun, ini bukan pilihan yang baik untuk sarapan kamu. itu semua memiliki gula, lemak, dan kalori sementara rendah protein dan serat. Itu berarti makanan tersebut tidak mungkin membuat kamu kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama, dan kamu mungkin akan merasa lapar jauh sebelum waktu makan siang tiba.


Simpan kue-kue sarapan ini untuk acara-acara khusus atau camilan sesekali, dan pilih makanan yang lebih seimbang untuk sarapan kamu sehari-hari.


6. Yoghurt Manis dengan Rendah Lemak atau tanpa Lemak


Di antara banyak manfaat yogurt, ini adalah sumber protein dan probiotik yang baik. Probiotik adalah bakteri hidup yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan kamu.


Namun, banyak jenis yogurt yang sarat dengan gula tambahan, menjadikannya pilihan yang kurang sehat. Terlebih lagi, banyak varietas populer telah menghilangkan sebagian besar atau semua kandungan lemaknya, yang berarti Yoghurt mungkin kurang mengenyangkan.


Untuk alternatif yang lebih sehat, cobalah yogurt Yunani yang penuh lemak dan tanpa pemanis. Ini lebih tinggi protein daripada varietas lain, dan kamu dapat dengan mudah mempermanisnya sendiri sesuai selera. Misalnya, tambahkan sedikit madu, pemanis nol kalori seperti stevia, atau lebih baik lagi, buah segar yang diiris, diparut, atau dihaluskan.


7. Daging olahan


Pada dasarnya semua menu sarapan yang berhubungan dengan daging olahan seperti sosis dan ham. Ini sarat dengan garam, yang dapat meningkatkan tekanan darah pada setiap orang, apalagi yang sensitif terhadap garam.


Mereka juga mengandung aditif lain seperti nitrit, yang dapat meningkatkan risiko kanker tertentu seperti kanker perut. Namun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya bagaimana asupan daging olahan mempengaruhi risiko kanker.


Apapun, mengurangi asupan kamu dapat membantu menurunkan risiko kamu. Sebagai gantinya, cobalah membuat alternatif sosis sederhana yang lebih sehat menggunakan daging sapi giling yang dibumbui.


Demikian informasi mengenai " 7 Menu Sarapan yang Tidak baik dan Perlu dihindari "


Semoga bermanfaat


(H/S)


Referensi:

- www.healthline.com/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close