Jamblang: Buah Lokal yang Tergerus Zaman


JAMBLANG: BUAH LOKAL YANG TERGERUS ZAMAN


FORDIASI.COM | INFORMASI - Indonesia ini memang dijuluki Negeri Baik dan Aman yang diberkahi, terutama dengan kesuburan dan kekayaan alamnya. Berbagai sumber pangan, sayur dan buah tersedia dan tumbuh di Indonesia. Kenikmatan untuk bangsa ini yang perlu disyukuri. Namun kini berbagai pohon terutama buah semakin berkurang, menghilang bahkan menuju kepunahan dengan segala aktivitas kita. Semisal Pohon Jamblang yang semakin sulit ditemukan.


Pohon ini disebut juga Juwet atau Duwet memiliki buah yang memiliki cita rasa yang khas dan kaya manfaat bagi kesehatan. Campuran rasa manis, asam, terkadang sepat ini yang membuat buah ini disukai. Buah berwarna ungu agak kehitaman ini merupakan buah lokal asli wilayah tropis Indonesia namun juga telah menyebar ke berbagai wilayah di Australia, Asia hingga Amerika.


Buah lokal yang memiliki nama latin Syzigium cumini ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Selain itu buah Jamblang atau Duwet ini disinyalir mampu mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes, mengobati anemia, mencegah kanker, memperlancar pencernaan dan manfaat lainnya.


Di India, buah jamblang ini dicairkan dan diminumkan untuk menangkal gigitan kelabang dan permasalahan lambung. Sementara di Brasil buah ini dimanfaatkan untuk pencegahan diabetes. Buah lokal ini selain nikmat juga bermanfaat, pohonnya sangat disukai berbagai jenis serangga dan burung. Pohon Jamblang ini sangat baik ditanam sebagai tanaman perindang.


Oleh: RIMBAWAN KOTA


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close