Kelas Daring: Dari yang merokok, naik motor dan Mematikan Kamera


KELAS DARING: DARI YANG MEROKOK, NAIK MOTOR DAN MEMATIKAN KAMERA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Disituasi pandemi saat ini, Pemerintah melarang kegiatan belajar mengajar di sekolah secara tatap muka. Istilah belajar daring/online telah dilakukan semenjak pemerintah mengumumkan bahwa corona merupakan Pandemi yang perlu diwaspadai.


Banyak orang tua murid yang menolak atas penerapan kegiatan belajar mengajar tersebut. sebab hal ini tidak efektif bagi murid yang menerima pelajaran. Para orang tua berkeluh kesah, mereka mau tidak mau harus mengajar ulang kepada anak-anaknya, ditambah lagi sulitnya akses internet di pelosok-pelosok daerah yang mengharuskan mereka berjalan cukup jauh ke tengah kota untuk mendapatkan fasilitas wifi secara gratis demi belajar daring.


Melalui status yang dibagikan oleh Pak Dosen di akun facebooknya. Ia mengunggah sebuat screen shoot disebuah kelas online yang diajarkannya antara mahasiswa semester 1 dengan semester 7.



Foto diatas menampilkan wajah mahasiswa-mahasiswi semester 1 yang sedang mengikuti belajar daring melalui aplikasi Google meet dengan pak Dosen. di dalam screenshootnya, seluruh anak murid menyalakan kamera depan untuk memperlihatkan wajahnya masing-masing.

$ads={1}



Sedangkan pada foto diatas, menampilkan sebuah screen shoot kelas online yang dihadiri oleh para murid semester 7. Mahasiswa/i  yang mendekati kelas akhir ini, tidak ada satupun yang menyalakan kamera, hanya ada 1 saja yang menyalakan kamera yakni Widya.


Di dalam komentarnya, Pak Dosen menjelaskan bahwa semenjak pertama kali kelas daring diberlakukan, ia telah menginstruksikan mahasiswa/i nya untuk menyalakan kamera depan. awalnya seluruh mahasiswa/i menyalakan kamera dan seiring berjalannya waktu, makin hari makin ke sini tidak ada satupun mahasiswa/i yang menyalakan kamera, jika pun ada paling rata-rata sekitar 5 orang saja setiap kelas pertemuan :


" Ini meet cm untuk pertemuan pertama doang, sisanya selang seling pake media whatsapp atw meet...

Di awal kuliah d dua kelas itu sy bilang buka kamera, yg smt 1 terus pada on smp beres dan yg g bisa on chat izin ga on... Kalo smt 7 setelah dibilang on hanya sebagian yg on, trus semakin lama jd tinggal sendirian... Rata2 paling hanya 5 orang... " Ujar Pak Dosen.

 $ads={2}


Bukan itu saja, ketika melakukan kegiatan belajar mengajar ada salah satu muridnya yang terlihat sedang merokok.


" pernah ada yg ngudud sambil on camera malah... 🤣 " Tambahnya


Bahkan yang paling mengjengkelkan baginya, ketika kelas daring berlangsung, ada anak muridnya yang menyalakan kamera depannya sesaat lalu di matikan kembali ternyata dia kedapatan sedang naik motor dan berbonceng bertiga dengan temannya.


 "td ada yg on camera sebentar, ternyata dy lg naik motor, boncengan bertiga... Terong2an... 😆 " Imbuhnya kembali


Belajar daring memang tidak se-efektif yang dikira, tidak se-simpel yang di kira. Hal ini bisa memunculkan sifat indisiplin bagi para murid sebab tidak ada pengawasan secara langsung oleh para guru.


Semoga pandemi corona cepat berakhir dan kegiatan belajar mengajar dapat kembali seperti semula yah sob!


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama