Komputer Lemot? Inilah 7 Penyebabnya yang perlu kamu Ketahui!


KOMPUTER LEMOT? INILAH 7 PENYEBABNYA YANG PERLU KAMU KETAHUI!


FORDIASI.COM | KOMPUTER - Siapa yang tidak jengkel ketika komputer yang kita miliki lemot? Seperti membuka aplikasi tertentu, bermain games, browsing dan lain sebagainya, terkadang komputer kita terasa lola/berat bahkan terjadi lag. Hal ini tentu membuat kita jengkel dan kessal sendiri.


Padahal masalah komputer lemot ini bisa dengan mudah diperbaiki asalkan tahu penyebabnya. Setelah mengetahui beberapa penyebab komputer lambat, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi inti masalahnya. silahkan disimak pada penjelasan di bawah ini :


7 Penyebab Komputer Lemot Yang Perlu Anda Ketahui


Sebelum menilai bahwa komputer yang Anda miliki lola atau lambat, periksa kembali spesifikasi PC yang Anda miliki, apakah cukup mumpuni untuk menggunakan software yang ingin Anda jalankan atau tidak.

Jangan sampai spesifikasi komputer anda standard, namun menggunakan aplikasi yang berat ataupun membuka banyak tab browser ketika sedang berseluncur di Internet, maka ini bukan faktor komputer anda yang lola, namun anda tidak menggunakan komputer sesuai dengan kapasitasnya.


Hal lain yang menyebabkan komputer menjadi lambat adalah terkena virus atau suhu di dalam ruangan yang terlalu tinggi.


Namun ada beberapa penyebab lain yang perlu diperhatikan dan bisa menjadi masalah pada komputer Anda.

$ads={1}


Kurangnya RAM atau memori adalah penyebab komputer lambat


Nah ini salah satu penyebab kenapa komputer bisa lemot dan sering dialami oleh semua orang. Kurangnya RAM atau memori di komputer bisa menjadi penyebab komputer Anda menjadi lambat.


Ada beberapa cara untuk memeriksa RAM di komputer Anda, salah satunya mungkin dengan menggunakan fitur task manager.


Umumnya agar komputer dapat digunakan tanpa masalah, minimal terpasang RAM sebesar 4 GB. Akan lebih baik jika kapasitas RAM 8GB atau lebih, itu semua tergantung pada perangkat lunak yang ingin Anda gunakan. 


Jadi jika pemakaian pada komputer atau laptopmu memang cukup berat, menambah RAM adalah salah satu solusinya


Prosesor yang kurang berkualitas


Selain RAM, prosesor yang digunakan juga harus mumpuni. Beberapa software editing video atau game membutuhkan spesifikasi prosesor yang cukup tinggi agar dapat digunakan tanpa masalah.


Ada masalah dengan harddisk


Harddisk juga merupakan salah satu komponen terpenting dari komputer. Karena harddisk digunakan untuk menyimpan data dan aplikasi yang terinstall di komputer. Kecepatan membaca dan memproses data pada Harddisk menentukan kecepatan komputer.


Sebaiknya periksa apakah hard drive komputer Anda terlalu penuh, apakah ada bad sector, atau apakah Anda masih menggunakan Harddisk (disk) lama.


Mengatasi masalah Harddisk sangat mudah, Anda cukup menggantinya dengan SSD.


Saat Anda menggunakan SSD, kinerja komputer akan terasa lebih cepat dibandingkan dengan Harddisk (HDD) biasa. Jika masing-masing kurang cepat, Anda bisa menggunakan SSD NVME yang kecepatannya 5 kali lebih cepat dari SSD.

$ads={2}


Komputer terkena virus


Jika komputer Anda terkena virus, komputer umumnya akan lambat dan tidak responsif. Masuk ke jendela mode aman dan gunakan fungsi pemulihan sistem untuk menyelesaikan masalah.


Untuk menghindari serangan virus, gunakan antivirus yang menurut Anda terbaik. Untuk pengguna Windows 10, menurut saya Window Defender adalah antivirus terbaik.


Terlalu banyak file sementara


Bisa jadi itu adalah file sementara yang membuat komputer Anda lambat. Periksa penyimpanan komputer Anda dengan masuk ke C: UsersadminAppDataLocalTemp. Nanti Anda akan melihat file sampah yang perlu Anda hapus.


Terlalu banyak program startup yang berjalan


Sekarang penting juga untuk Anda perhatikan, jika terlalu banyak program startup yang berjalan, otomatis komputer Anda akan terasa sangat lambat. Apalagi jika spek komputernya benar, tentu akan terasa sangat lambat.


Untuk melihat berapa banyak program startup yang berjalan, Anda dapat masuk ke task manager dengan menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL, lalu pilih task manager.


Kemudian masuk ke menu Start, pilih program startup yang menurut Anda tidak berguna, dan Anda dapat menonaktifkannya.


Ini dapat disebabkan oleh sistem file yang rusak


Terakhir, jika komputer Anda telah terinfeksi virus, antivirus akan merusak atau menghapus beberapa file penting dari sistem. Untuk mengatasinya, cukup perbaiki atau instal ulang sistem operasi.


Kesimpulan


Itulah beberapa penyebab komputer lemot yang harus Anda waspadai. Yang utama adalah, cek dulu komponen komputer yang Anda miliki, seperti RAM, hardisk dan prosesor. Apakah Anda memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan perangkat lunak atau tidak?


Tentunya hal ini menjadi faktor penentu seberapa baik sebuah komputer bekerja sehingga dapat digunakan dengan nyaman. 


Source : https://ideavone.com/


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close